PELATIHAN DARING PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN ONLINE DAN KUIS INTERAKTIF SERTA PEMANFAATAN GOOGLE APPLICATION PADA TK PERTIWI PANDAK BATURADEN BANYUMAS

Haryoko Haryoko

Abstract


Taman Kanak-kanak Pertiwi Pandak Kecamatan Baturaden merupakan salah satu Taman Kanan-kanak yang berada di Dusun II Pandak Desa Pandak Kecamatan Baturaden Kabupaten Banyumas yang mempunyai 4 Guru sebagai tenaga pengajar. Peran guru sangat penting dalam usaha peningkatan kualitas proses belajar mengajar, apalagi dengan adanya wabah Pandemi Covid 19, guru harus mengikuti perkembangan teknologi dalam mendukung proses pembelajaran. Guru-guru TK Pertiwi Pandak masih mangalami beberapa kesulitan dalam proses belajar mengajar dalam masa Pandemi Covid 19 . Salah satunya kesulitannya yaitu belum bisa menggunakan aplikasi yang tepat untuk membuat video pembelajaran online untuk mendukung proses belajar. Guru-guru TK Pertiwi Pandak juga belum bisa membuat kuis interaktif dan belum bisa memanfaatkan beberapa aplikasi google dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan masalah yang telah diketahui, akan diberikan solusi pelatihan daring pembuatan video pembelajaran online dan kuis interaktif serta pemanfaatan aplikasi google untuk mendukung pelaksaan proses belajar mengajar pada Taman Kanak-kanak Pertiwi Pandak. Luaran dari kegiatan ini adalah video pembelajaran online yang sudah terupload di youtube dan beberapa kuis interaktif yang dapat digunakan pada proses belajar mengajar. Luaran lainnya adalah peningkatan pemahaman Guru-guru TK Pertiwi Pandak dalam pemanfaatan google docs untuk membuat proposal/laporan secara bersama, proses pembukuan menggunakan google spreadsheet, pembuatan formulir dengan google form, dan pemanfaatan google drive untuk mengelola file secara cloud.

Full Text:

PDF

References


Maovangi Day, Vania; Qodariah, S. (2019). Menumbuhkan Literasi Digital pada Anak Usia Sekolah 6- 12 Tahun. Prosiding Nasional Psikologi, 2, 1–9. https://doi.org/10.1017/CBO978110 7415324.004

Wahyuni, S. E., Widiyatun, F., Widyasari, H., & Suharmanto, P. (2019). Peningkatan Semangat Belajar dengan Peta Konsep dan Media Pembelajaran menggunakan Program Mindmapple. ETHOS (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian), 7(2), 178–181. https://doi.org/10.29313/ethos.v7i2. 4415

Kadi, T., & Awwaliyah, R. (2017). Inovasi Pendidikan : Upaya Penyelesaian Problematika Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara, 1(2), 144–155. https://doi.org/10.33852/jurnalin.v1i 2.32

National Education Association. (2014). Preparing 21st Century Students for a Global Society: An Educator ’ s Guide to the “ Four Cs .” Los Angeles: NEA. Retrieved from http://www.nea.org/assets/docs/AGuide-to-FourCs.pdf

Wati, T., & Set, H. B. (2018). Pelatihan Manajemen Konten Berbasis ELearning Bagi Guru – Guru Pondok Pesantren Kelurahan Sasak Panjang, Kabupaten Bogor. ETHOS (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian), 6(2), 226–232. Retrieved from https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/ethos/article/view/3236/pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.