PENGEMBANGAN DAN PELATIHAN STRATEGI PEMASARAN DI BUMDES REMBOKO MELALUI DISAIN VISUAL

Dwi Pela Agustina, Renindya Azizza Kartikakirana, Dwi Erfanni Bimantara, Fadlurahman Hanif

Abstract


Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) adalah badan usaha yang sebagian besar modalnya dimiliki oleh desa melalui penyertaan modal yang berasal dari kekayaan desa. Salah satu BUMDES yang berada di wilayah kecamatan Tempel, Sleman, D.I.Y ialah BUMDES Remboko. BUMDES ini didirikan pada tahun 2018 dimana usaha pertamanya berupa wisata alam sungai kali Krasak dengan wahana rekreasi yang dinamai “Tubing”, yaitu sebuah kegiatan menyusuri aliran sungai dengan pelampung ban dalam mobil besar, namun wahana tersebut hanya dapat dilakukan pada musim hujan. Hal tersebut membuat kegiatan wisata terhenti ketika musim kemarau ditambah lagi dengan adanya musibah susur sungai Kali Sempor di Kecamatan Turi pada 2019 lalu dan pandemi COVID-19 pada 2020. Hal ini semakin menjadi kendala dalam pengembangan untuk wisata tersebut.

Tak lama berselang, BUMDES Remboko kemudian mengembangkan usaha menjadi beberapa unit, salah satunya Unit Usaha Foodcourt namun usaha unit tersebut mengalami beberapa kendala dalam memasarkan produk yang mereka jual. Oleh karena itu tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Amikom Yogyakarta membantu BUMDES dalam mengembangkan usaha unit Pusat Jajanan Serba Ada (Pujasera) atau Foodcourt. Dalam hal ini, pelaksana pengabdian masyarakat melakukan pengembangan melalu desain visual yang menarik, baik dalam bentuk poster, banner dan juga daftar harga serta gambar pada kemasan produk dan melakukan re-desain tampilan Foodcourt. Selain itu, tim pelaksana juga mengadakan pelatihan untuk mengelola media sosial dan peningkatan visual branding di media sosial bagi UMKM yang berada di bawah binaan BUMDES Remboko, Desa Sumberrejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman, D.I.Y


Full Text:

PDF

References


Wawancara dengan Mardiana Irawaty, 11 April 2021

Putra, Ricky W. 2020. Pengantar Komunikasi Visual Dalam Penerapan. Yogyakarta : ANDI. Diakses pada 11 April 2021 Pukul 15.00WIB Bintang, Widiyanto, 2014, Powerful Public Speaking, ANDI, Yogyakarta.

Yasodhara, Fentinnia, I Wayan Swandi, dan Mendy Hosana M. 2015. Perancangan Komunikasi Visual Sebagai Media Promosi Modern Store “Mustika Raya” Blora – Jawa Tengah. Surabaya: Universitas Kristen Petra. Diakes pada 11 April 2021 Pukul 16.00WIB https://media.neliti.com/media/publications/87347-ID-none.pdf

Kotler, P., Kevin, L.K. (2012). Marketing Management. Jakarta: PT Indeks kelompok Gramedia

Kartajaya, H., Setiawan, I. (2019). Marketing 4.0 Bergerak dari Tradisional ke Digital. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ira Dasuki dan Umaimah Wahid. (2020). “Penggunaan Instagram sebagai media Komunikasi Pemasaran untuk Membangun Brand Awarness saat Pandemi Covid-19” PARAHITA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Vol 1(2), 2020, 47-54.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.