PELATIHAN DIGITAL MARKETING DALAM PENINGKATAN PEMASARAN PRODUK KEMBENG ROSO USAHA MIKRO BANYUMILI

Arvin Claudy Frobenius

Abstract


Teknologi sudah berkembang pada bidang pemesaran yaitu pemasaran digital. Dimana pemasaran digital ini memiliki peran penting dalam mempromosikan sebuah produk yang dapat mentargetkan konsumen secara tepat dan relevan. Peran pemasaran digital dibutuhkan oleh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) karena dapat meningkatkan penjualan suatu produk yang dimiliki, dapat memperluas jangkauan penjualan dan juga memberikan informasi pada konsumen dengan mudah. Banyumili merupakan Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) kepemilikan dari Sabila Rusyadi yang memproduksi bumbu pecel khas Jawa Timur dengan nama produk “kembengroso”. Pada proses pemasaran sendiri pemilik melakukan pemasaran produk kembengroso dengan cara offline dan online. Offline melakukan pemasaran dengan cara menawarkan kepada tetangga, untuk online melakukan dengan cara membagiakan konten produk di grup Whatsapp, dan membuat story ataupun feed Instagram. Selain itu juga produk dipasarkan pada layanan ecommerce. Dalam analisa cara melakukan promosi pemasaran tersebut, belum maksimal karena penjualan produk kembengroso masih sedikit dibuktikan dari produksi bumbu pecel masih 10 kg. Oleh sebab itu, dari permasalahan tersebut diadakan pelatihan pemasaran digital untuk mengenalkan dasar digital marketing, targeting konsumen di Instagram, optimasi Instagram bisnis dan konten Instagram untuk produk dan melakukan iklan Instagram. Hasil dari pelatihan ini memberikan dampak pada kepada produk kembengroso selama 3 bulan kembegnroso dapat meningkatkan penjualan terlihat dari jumlah produksi lebih banyak dari sebelumnya yaitu 30 kg.

Full Text:

PDF

References


Riyanto, A. D. (2021, 04 Selasa). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2020. Retrieved from Andi.Link: https://andi.link/hootsuite-we-aresocial-indonesian-digital-report-2020/

Dahono, Y. (2021, Februari Monday). Data: Ini Media Sosial Paling Populer di Indonesia 2020-2021. Retrieved from beritasatu.com: https://www.beritasatu.com/digital/733355/data-inimedia-sosial-paling-populer-di-indonesia-20202021

Haryanto, A. T. (2021, Februari thuesday). Pengguna Aktif Medsos RI 170 Juta, Bisa Main 3 Jam Sehari. Retrieved from inet.detik.com: https://inet.detik.com/cyberlife/d-5407834/penggunaaktif-medsos-ri-170-juta-bisa-main-3-jam-sehari

Sulaksono, J., & Zakaria, N. (2020). Peran Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 41-48.

BPOM. (2020, November 13). Badan POM Dukung Penuh Daya Saing UMKM Pangan dan Obat Tradisional. Retrieved from pom.go.id: https://www.pom.go.id/new/view/more/pers/571/Bad an-POM-Dukung-Penuh-Daya-Saing-UMKMPangan-dan-Obat-Tradisional.html

Informasi, S. D. (2020). Statistik E-Commerce 2020. Jakarta: BPS-Statistics Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.