PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN VIDIO PROMOSI PRODUK

Ardiyati Ardiyati, Akhmad Dahlan

Abstract


E-Warung Kalasan merupakan bentuk pemberdayaan masyarakat melalaui digital marketing UMKM yang dikembangkan oleh Forum UMKM Kecamatan Kalasan dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag Kabupaten Sleman). Saat ini Warung kalasan sudah menjual produk dan jasa dari UMKM Di Kecamatan Kalasan dengan menggunakan website dan instagram. Meskipun begitu E-warung Kalasan belum mendapatkan profit yang signifikan dan bahkan pengelola juga sifatnya masih sukarela atau belum dibayar. Permasalahan yang dialami oleh warung kalasan adalah masih kurangnya penjualan produk dan kurang meratanya kapasitas pengelola maupun anggota untuk membuat vidio produk media promosi di web maupun instagram. Tujuan program pengabdian ini adalah pelatihan online pembuatan vidio produk ini adalah meningkatkan kemampuan membuat vidio promosi produk sehingga meningkatkan keuntungan. Pelaksanaan kegiatan melalui pelatihan secara offline dengan penerapan protokol kesehatan dan pendampingan dilakukan secara online melalui group whatsap. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah adanya peningkatan kapasitas anggota Forum UMKM Kecamatan kalasan dan Pengelola E-Warung Kalasan dalam pembuatan vidio promosi produk. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini juga menjadi bentuk sharing program Kegiatan Mahasiswa dalam Hibah Innovillage 2021 yang dilaksanakan oleh Telkom University, Telkom Indonesia, dan BUMN Bersama dengan Judul Inovasi Sistem Kemitraan dalam Pengembangan E-Warung Kalasan Untuk Peningkatan Pendapatan Masyarakat. Program pengabdian masyarakat terlaksana dengan baik dan disambut antusias oleh masyarakat. Sebagian peserta mampu membuat vidio promosi, belum teridentifikasi peningkatan keuntungan dari hasil kegiatan.

Full Text:

PDF

References


Alyasdan Muhamad Rakib,2017, Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil,dan Menengah dalam Penguatan Ekonomi kerakyatan (Studi Kasus pada Usaha Roti Marow di Kabupaten Maros).

Wastuningsih, Sri Peni; Titis Puspitam Dewi.2019. Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Suluh Pembangunan: Jorunal of Extention and Development Volume I Nomor 2:90-96 (2019).

Hadi, Demaz Fauzi;Kiki Zakiah 2021; Strategi Marketing Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) untuk bersaing di Era Pandemi. Jurnal Competitive. Jurnal LPPM: Politeknik Pos Indonesia Volume 16, Nomor 1 Juli 2021.Bandung

Kecamatan Kalasan Dalam Angka, 2020, Badan Pusat Statistik Kabupaten Sleman, Yogyakarta

https://kalasankec.slemankab.go.id/ diakses 15 April 2021

http://www.slemankab.go.id/17068/mediapromosi-online-warung-kalasan-diresmikan.slm


Refbacks

  • There are currently no refbacks.