PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN DIGITAL KOMUNITAS SEDEKAH YOGYAKARTA

Anggrismono Anggrismono

Abstract


Satu tahun lebih Covid-19 melanda masyarakat di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Dampak yang diakibatkannya semakin terasa, tak terkecuali sektor ekonomi rumah tangga masyarakat di seluruh pelosok Indonesia. Hal tersebut menumbuhkan kesadaran sosial di tengah-tengah masyarakat di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk di Yogyakarta. Kegiatan pengabdian ini menggandeng mitra Komunitas sedekah GETARAN sebagai salah satu organisasi nirlaba yang terlibat dalam usaha meringankan beban ekonomi akibat pandemi ini dengan kegiatan sosialnya berupa pemberian sedekah hidangan sarapan yang diberikan setiap hari di wilayah Kota Yogyakarta. Sebagai sebuah entitas profesional, pencatatan keuangan mutlak dilakukan secara akuntabel dan transparan meskipun dilakukan secara sederhana namun pasti membutuhkan pengelolaan yang serius dengan memanfaatkan sarana yang tersedia. Tim pengabdian masyarakat memberikan pendampingan membuat pencatatan keuangan dengan luaran berupa laporan keuangan secara digital ditambah dengan pembuatan konten digital dengan desain dan materi yang menarik, simpel, informatif dan edukatif dalam bentuk poster. Sehingga sosialisasi dan edukasi dalam bentuk poster tersebut diunggah melalui kanal media sosial lainnya atau dibagikan dalam bentuk brosurbrosur. Kegiatan pengabdian ini dapat memberikan dampak positif pada efektifitas pengelolaan keuangan oleh mitra selanjtnya. Luaran wajib pada pengabdian ini adalah prosiding tidak terindeks dan luaran tambahan adalah HaKI.

Full Text:

PDF

References


Muhyiddin. (2020). Covid-19, New Normal, dan Perencanaan Pembangunan di Indonesia. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 240–252. https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.118.

Herlina, O. (2013). Komunikasi Pemasaran Pariwisata DIY melalui Pemanfaatan E-tourism oleh Swasta dan Pemerintah (Studi Komparatif www. Visitingjogja.com dan www.YogYES.COM) [Universitas Gadjah Mada]. http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/63374.

Junidar, U. (2020). Strategi Pemasaran Digital Lembaga Filantropi Islam. Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam, 2(2), 190–218. https://doi.org/10.22373/tadabbur.v2i2.14.

Sugiono, S. (2020). Industri Konten Digital dalam Perspektif Society 5 . 0 Digital Content Industry in Society 5 . 0 Perspective. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komunikasi, 22(2), 175–191.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.