PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN ONLINE DENGAN GAMIFIKASI

Ani Hastuti Arthasari

Abstract


Pengetahuan dan kesiapan tentang pembelajaran jarak jauh menjadi hal utama yang diperlukan baik oleh murid maupun guru. Dalam hal ini guru memiliki peran penting untuk menjaga kondisi pembelajaran yang tetap kondusif meskipun bukan tatap muka langsung di kelas. Usia taman kanak-kanak dan usia sekolah dasar yang cenderung tergolong usia bermain, metode bermain dan belajar dianggap metode yang lebih tepat. Beberapa kendala pembelajaran secara online banyak ditemui sehingga perlu adanya peningkatan kapasitas dan kreativitas dari pendidik/guru agar pembelajaran yang diberikan secara online tetap menarik, bervariatif dan mengurangi kejenuhan peserta didik. Maka solusi yang tepat yang dapat dilakukan adalah dengan membuka pengetahuan bagi pendidik/guru tentang gamifikasi dan jenis-jenis media atau platform yang dapat digunakan dalam pembelajaran online. Kemudian melakukan workshop dan penerapan pada proses pembelajaran online di sekolah. Luaran yang didapatkan dari kegiatan ini adalah adanya peningkatan kualitas pembelajaran melalui gamifikasi pembelajaran, serta serta publikasi terkait kegiatan pengabdian masyarakat pada prosiding pengabdian masyarakat dan publikasi media massa elektronik.

Full Text:

PDF

References


Berita Smansa Magelang, Berikut Permasalahan Pembelajaran Daring dan Solusinya, 1 Januari

, https://sman1-mgl.sch.id/new/blog/2021/01/01/simak-jurus-jituwujudkan-pembelajaran-daring-berintegritas-diera-pandemi-2/

Jusuf, Heni, 2016, Penggunaan Gamifikasi dalam Proses Pembelajaran, Jurnal TICOM Vol. 5 No. 1

September 2016, https://media.neliti.com/media/publications/92772- ID-penggunaan-gamifikasi-dalam-prosespembe.pdf.

Model Gamifikasi dalam Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pendidikan Kesetaraan Program Oaket C Daring, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018, http://direktori.pauddikmasjabar.kemdikbud.go.id/MODEL/TAHUN%202018/2%20model%20gamifikasi/mode%20gamifikasi.PDF

Choiriyah, Annisa’i, 2016, Model Pembelajaran Pengalaman Langsung Dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Nur El-Islam,Volume 3, Nomor 2, Oktober 2016, https://media.neliti.com/media/publications/226425-model-pembelajaran-pengalaman-langsung-d67f641cb.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.