PENERAPAN DAN PEMBUATAN DESAIN PACKAGING DALAM UPAYA MENINGKATKAN DAYA TARIK PRODUK HOME INDUSTRI KUE DAN MINUMAN "ANISYA" DI KECAMATAN NGAGLIK, KABUPATEN SLEMAN

Agung Nugroho

Abstract


Fungsi mendasar dari sebuah kemasan atau packaging adalah untuk melindungi produk dari kerusakan, memudahkan untuk dibawa, dan memudahkan untuk dipasarkan. Selain itu kemasan juga bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan produk menunjukkan identitas dari produk itu sendiri. Usaha home industri berupa kue dan minuman milik ibu Ani saat ini masih melakukan pengemasan produknya dengan cara yang bisa dibilang sangat sederhana, yaitu dengan pengemasan kardus atau plastik tanpa ada label produk dan kurang mempertimbangkan keaamanan produk yang dikemasnya. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pengetahuan, ketrampilan dalam membuat kemasan sebagai tempat produk, sebagai identitas produk, sebagai alat komunikasi, memudahkan penggunaan, dan mempromosikan produk.

Full Text:

PDF

References


Swasty1, W., Rahman, Y., Fadilla, A.N 2019. Pelatihan Kemasan Produk Kuliner Yang Persuasif Bagi Koperasi Dan Ukm Kabupaten Bandung, Charity Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol.02 No.01.

Anasrulloh, M. 2020. Pelatihan Pembuatan Kemasan (Packaging) Untuk Meningkatkan Pemasaran Produk Olahan Kue Kacang Emping Melinjo, Prodi Pendidikan Ekonomi Stkip Pgri Tulungagung.

Wahjuningsih, S.B. 2018. Pkm Jamu Gendong Desa Brambang Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak Laporan Akhir Program Kemitraan Masyarakat (Pkm)

Maryama.S., Yandri.P., Istimal.I. 2018. Pelatihan Pembuatan Packaging Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Umkm Di Kota Tangerang Selatan. Sembadha 2018, Volume 01, Edisi 01.

Yoga.I Wayan.G.S, Antara.S, Mulyani.S, dll. 2018. “Pelatihan Pengemasan Dan Pelabelan Kopi Di Desa Pujungan, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan”, Fakultas /Jurusan/Program Studi: Teknologi Pertanian/Teknologi Industri Pertanian, Universitas Udayana Bukit-Jimbaran.

Augustinah.F, Sholichah.N, Pramudia.I.D, 2017, “Manajemen Usaha Dan Pembuatan Kemasan Serta Labeling Home Industri Kue Basah Pada Usaha Kelompok Dasawisma Kri Nanggala Medokan Semampir Surabaya”, Laporan Akhir Program Pengabdian Masyarakat Universitas Dr. Soetomo Surabaya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.