PEMBUATAN PERANGKAT BELAJAR SECARA ONLINE KEPADA GURU PAUD KB RUMAH ANAK PINTAR ISLAMI (RAPI)

Ade Pujianto

Abstract


Abstrak Wabah virus Corona (Covid-19) yang menyerang dunia tidak hanya merugikan dari sisi Kesehatan, akan tetapi juga memiliki dampak yang memperngaruhi pola hidup khususnya di dunia pendidikan khususnya dalam proses belajar dan mengajar. Covid-19 memiliki dampak yang sangat besar pada aktifitas belajar dan mengajar di Indonesia, dimana proses belajar dan mengajar yang awalnya bertatap muka secara langsung, sekarang aktifitas dilakukan dengan cara daring (dalam ruangan) atau online. Perubahan pola kegiatan ini mengalami kesulitan dikarenakan tidak semua tenaga pendidik memiliki pengetahuan tentang teknologi dan komputer, hal ini menyebabkan ketidak siapan dan ketidak efektifan proses belajar dan mengejar. Salah satu instansi pendidikan yang terkena dampat adalah PAUD KB Rumah Anak Pintar Islami (RAPI) di di Palgading 05/02 Minomartani Ngaglik, Palgading, Sinduharjo, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, PAUD KB RAPI sangat kesulitan dalam proses belajar dan mengejar secara daring atau online dikarenakan sedikitnya pegetahuan tentang teknologi dan komputer. Selain proses belajar dan mengejar, PAUD KB RAPI juga mengalami kendala pada pagian pengolahan data dan laporan yang dilakukan secara online. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah edukasi atau pelatihan mengenai teknologi dan komputer untuk membantu PAUD KB RAPI dalam melakukan proses belajar serta melakukan pengelolaan data dan laporan yang dapat diakses dan diproses secara online.

Full Text:

PDF

References


Andina Amalia dan Nurus Sa’adah, 2020, “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Di Indonesia”, Jurnal Psikologi Volume 13 No.2, Desember 2020.

KH. Lalu Gede Muhammad Zainuddin Atsani, 2020, “Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19”, Volume 1 Nomor 1 Tahun 2020.

Nur Rohim Yubus and Annissa Rezki, 2020, “Kebijakan Pemberlakuan Lockdown Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19”, Jurnal Sosial dan Budaya Syar’I, Vol. 7 No. 3 2020.

Zahrotunnimah, 2020, “Langkah Taktis Pemerintah Daerah Dalam Pencegahan Penyebaran Virus Corona Covid-19 di Indonesia”, Jurnal Sosial dan Budaya Syar’I, Vol. 7 No. 3 2020.

Ali Sadikin dan Afreni Hamidah, 2020, “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19”, Jurnal IODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, Volume 6, Nomor 02, 2020, Hal. 214-224.

Oktafia Ika Handarini dan Siti Sri Wulandari, 2020, “Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19”, Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), Volume 8, Nomor 3, 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.