PEMANFAATAN ALIRAN SUNGAI UNTUK PLTA MINI SEBAGAI ALAT PERAGA BELAJAR SISWA SAAT PENDEMI COVID-19 DI DUKUH SENTONO
Abstract
Pandemi covid-19 melumpuhkan sebagian besar kegiatan di masyarakat, mulai dari sekolah, pasar, pemerintahan, dll. Terlebihuntuk daerah yang masuk zona merah, masyarakat diminta untuk tetap berada di rumah untuk memutus persebaran covid-19, akantetapi meski berada di rumah kegiatan-kegiatan tersebut sedapat mungkin tetap berjalan meski dilakukan secara daring(dalamjaringan), tidak terkecuali untuk kegiatan belajar siswa, yang seharusnya dilakukan di sekolah, kegiatan tersebut harus tetapberjalan meski dilakukan di rumah dengan didampingi orang tua/wali siswa, meski tidak maksimal tetapi tidak ada pilihan lain agarproses belajar tetap berjalan, siswa diminta mempelajari suatu bab dan diberi tugas untuk dikerjakan kemudian hasilnya dikirimkepada guru pengampu. Tidak adanya kepastian kapan berakhir kondisi seperti ini, orang tua diharapkan mampu menjadi pendamping belajar yangmenyenangkan bagi anaknya, sehingga meski belajar dirumah dengan sarana dan prasarana yang minimal proses belajar dapatmaksimal dan apa yang dipelajari dapat diserap dengan baik. Beragamnya mata pelajaran yang dipelajari, baik eksak maupun non eksak, memaksa orang tua/wali harus kreatif dalam mendampingi proses belajar, termasuk dalam menyediakan sarana belajar.Mata pelajaran eksak sepeti fisika banyak membutuhkan alat peraga dalam proses belajarnya, akan tetapi oarang tua/wali merasa keberatan untuk menyediakan alat peraga seperti di laboratorium sekolah karena harganya yang mahal. Dukuh Sentono Desa Pakahan, Jogonalan, Klaten, Jawa tengah salah satu daerah yang terkena dampak covid-19, seperti daerahdaerah yang lain sesuai surat edaran dari Dinas Pendidikan Klaten bahwa proses belajar mengajar dilakukan di rumah dengan didampingi orang tua/wali. Dukuh Sentono dilewati aliran sungai kecil yang tidak berhenti mengalirkan air, meski musim kemarau, aliran sungai ini dapat dimanfaatkan untuk membuat sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Mini sebagai alat peraga belajar,khususnya mata pelajaran fisika, dengan menggunakan alat peraga yang mirip aslinya diharapkan anak-anak dapat menyerap pelajaran dengan cepat, untuk itu pengusul mengusulkan kegiatan pengabdian masyarakat yang berjudul “ Pemanfaatan Aliran Sungai untuk PLTA Mini sebagai Alat Peraga Belajar Siswa saat Pandemi Covid-19 di Dukuh Sentono”. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu siswa-siswa yang berada di dukuh Sentono untuk belajar, khususnya belajar fisika.
Kata kunci: plta, listrik, peraga, belajar
Full Text:
PDFReferences
Nugroho, Hunggul Y,S.H. and Sallata, M. Kudeng ,2015, “PLTH (Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro) Panduan Lengkap Membuat Sumber Energi Terbarukan Secara Swadaya”, Yogyakarta :
Refbacks
- There are currently no refbacks.