MODERNISASI PRODUKSI PERTANIAN DALAM RANGKA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN PETANI

Citra Desy Aisyah Alkis

Abstract


Para petani di kawasan pedesaan, seperti di Pundong, Bantul, merupakan kelompok masyarakat yang ikut  terkena dampak pandemi Corona-Covid 19 secara ekonomi. Hidup dari menggantungkan penjualan hasil  pertanian yang di produksi dengan cara yang masih terbilang konvensional membuat pendapatan para petani  tersebut tidaklah seberapa. Selama ini para petani menggunakan alat perontok sederhana dengan  produktivitas rendah, sekitar 50 kg/jam untuk memproduksi biji padi yang nantinya masih harus diolah  menjadi beras siap jual. Produksi secara konvensional bukan satu-satunya masalah, petani biasanya hanya  mengemas beras di karung untuk selanjutnya didistribusikan ke pasar terdekat atau tengkulak, pada masa  pandemi saat ini, hal tersebut tentu tidak efektif dan beresiko secara medis, oleh karena itu kami mencoba  menawarkan modernisasi pengemasan produk hasil pertanian dan pemasarannya secara digital. Skema  modernisasi yang coba kami tawarkan melalui pengabdian masyarakat ini diharap dapat membantu para  petani memproduksi dan memasarkan produk pertaniannya secara lebih optimal, pengadaan alat dan bantuan  penggunaan sosial media untuk memasarkan produk dengan menggandeng pemuda pemudi setempat  diharapkan dapat meingkatkan pendapatan petani di masa pandemi ini. Metode partisipatif menjadi metode  utama yang digunakan dalam pengabdian ini, dengan masa pengabdian yang direncanakan selama 3-4 bulan  ini diharapkan dapat membantu masalah pertanian di Pundong dan juga menjadi penggugur kewajiban Dosen  dan menjadi bahan publikasi.  Kata Kunci: Modernisasi, Produksi, Pertanian 

 

Kata Kunci: Modernisasi, Produksi, Pertanian

Full Text:

PDF

References


Djunaedi, Achmad. 2012. Proses Perencanaan Wilayah dan Kota. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Hasbullah, Rokhani dan Riska Indaryani. “Penggunaan Teknologi Perontokan untuk Menekan Susut dan Mempertahankan Kualitas Gabah”. Jurnal Keteknikan Pertanian JTEP, issn 0216-3365, vol. 23 no.2., Oktober 2019.

Rahman, Abdul dan Rizki Yudhi Dewantara. 2017. “Pengaruh Kemudahan Penggunaan Dan Kemanfaatan Teknologi Informasi terhadap Minat Menggunakan Situs Jual Beli Online”. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 52 No.1, November.

Rustiadi, Ernan; dkk. 2011. Perencanaan dan Pengembangan Wilayah. Jakarta: Crestpent Press dan Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Suharmanto, Agus dan Suwahyo dan Sunyoto. 2016. “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penerapan Mesin Perontok Padi (Power Thresher) Bagi Petani Di Desa Kenteng, Kecamatan Bandungan”. Jurnal Teknik Mesin, Volume 14 No.2, Desember.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.