PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH DI MASA PANDEMI BAGI SISWA MTs SALAFIYAH 2 GRESIK

Zahrotus Sa'idah, Azizah Giani Rahmah

Abstract


Mts Salafiyah 2 adalah madrasah tsanawiyah yang bertempat di daerah Gresik Jawa Timur. Selama masa pandemi ini, Mts Salafiyah 2 Gresik melakukan proses pembelajaran melalui media daring sesuai dengan protokol belajar daring yang ditetapkan oleh dinas pendidikan Jawa Timur. Untuk itu, demi meningkatkan efektivitas pembelajaran, maka Mts Salafiyah 2 Gresik mengunakan aplikasi belajar pendukung, misalnya classroom, zoom, hangout meet, dan masih banyak lagi lainnya. Adapun untuk jadwal belajar daring telah disesuaikan dengan jadwal semestinya. Dengan demikian, penyampaian materi selama satu semester dapat disampaikan dengan baik. Namun di sisi lain, kegiatan ekstrakulikuler ditiadakan sebab pandemi, seperti ekstrakulikuler KTI (Karya Tulis Ilmiah) misalnya. Hal ini cukup dilematis sebab beberapa siswa berhasil masuk final dalam LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah) Nasional di beberapa kesempatan. Dengan landasan tersebut, pihak lembaga Mts Salafiyah 2 Gresik mengadakan pelatihan karya tuis ilmiah kepada siswa sehingga mereka memiliki wawasan dan pengalaman terkait hal tersebut. Berdasarkan studi kasus tersebut maka pengabdian ini memfokuskan kepada pelatihan karya tulis ilmiah dengan memanfaatkan momentum pandemi saat ini dengan tetap mengikuti protokol belajar daring. Diharapkan dengan pelatihan ini, siswa MTs Salafiyah 2 dapat memiliki kemampuan menulis karya ilmiah yang baik dan nantinya diharapkan dapat berguna bagi bangsa, masyarakat dan diri mereka.

Kata kunci: Pandemi, Ekstrakulikuler, KTI


Full Text:

PDF

References


Casmudi and R. A. Pratama, “Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah Remaja bagi Siswa/i SMA/Sederajat di Kecamatan Muara Jawa, Kabupaten Kutai Kartanegara,” Abdimas Univers., vol. 1, no. 1, pp. 1–5, 2019.

A. Ashfiyah and A. H. Muthohar, Eds., Arsip Mts Salafiyah 2 Menganti Gresik, 1st ed. Gresik: Yayasan Salafiyah, 2019.

R. Martiningsih, “Pelatihan Penulisan KTI Sebagai Wujud Kesadaran Pentingnya Publikasi Ilmiah,” pena.belajar.kemdikbud.go.id, 2018. http://pena.belajar.kemdikbud.go.id/2018/08/pentingnya- publikasi-ilmiah/.

H. Hasbi, N. Rukhvianti, and H. Gunawan, “Pembinaan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Metode ARCS,” E- Dimas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 11, no. 3, pp. 254–259, 2020, doi: 10.26877/e-dimas.v11i3.5653.

A. Adisaputera, W. Hadi, and T. Hutagalung, “Pembinaan kemampuan menulis puisi di padepokan iqro desa kolam kecamatan percut sei tuan kabupaten deli serdang,” JPKM J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 26, no. 04, pp. 175–180, 2018.

E. S. Mujiwati, E. P. Permana, and S. Sahari, “Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Untuk Guru Sekolah Dasar Pada Anggota Gugus 1 Kecamatan Ringinrejo.,” J. Abdinus, vol. 1, no. 1, pp. 53–68, 2017.

D. Setyawan and R. I. Gusdian, “Penguatan Habitus Literasi: Sebuah Cara Pendampingan Tim Literasi Sekolah (TLS),” E- Dimas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 11, no. 3, pp. 299–306, 2020, doi: 10.26877/e-dimas.v11i3.4263.

K. S. Arta, “Pelatihan Penulisan Artikel Untuk Publikasi di Jurnal Ilmiah untuk Meningkatkan Profesionalisme bagi Guru – Guru di Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng,” in Seminar Nasional Hukum dan Ilmu Sosial ke-2, 2018, no. 5, pp. 146–159.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.