TEKNOLOGI CLOUD UNTUK PENINGKATAN KUALITAS KBM SECARA DARING PADA SD MUHAMMADIYAH KADISOKA

Windha Mega PD, Bayu Setiaji

Abstract


Perkembangan teknologi informasi sudah mengalami kemajuan yang kian pesat. Hasil perkembangan IT sudah menyentuh sebagian besar kehidupan masyarakat sehingga mempermudah berbagai aspek kehidupan.

60 persen populasi dunia telah menggunakan internet, menurut laporan Digital 2020: Global Digital Overview yang dirilis oleh DataReportal. Itu artinya, pada awal 2020, jumlah pengguna internet di dunia telah mencapai angka 4,5 miliar. Pasca mewabahnya virus corona di Indonesia, memaksa masyarakat untuk dapat beradaptasi, melakukan perubahan pola kehidupan untuk keberlangsungan kehidupan. Pemerintah daerah pun mengeluarkan kebijakan dalam dunia pendidikan, yaitu untuk sementara kegiatan belajar mengajar secara tatap muka langsung diganti dengan proses KBM secara daring. Untuk itu, pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan pada masa pandemi Covid 19 saat ini sangat diperlukan. Agar peserta didik tetap memperoleh ilmu dan kegiatan Belajar Mengajar harus terus dijalankan secara online, tanpa mengurangi kualitas pembelajaran. Luaran dari kegiatan ini adalah meningkatnya pemahaman dan penguasaan guru terhadap media pembelajaran daring sehingga berimbas pada meningkatnya kualitas pembelajaran selama masa tanggap darurat covid 19 dengan menjalankan kegiatan belajar dari rumah.

 

Kata kunci: Pendidikan Anak Sekolah Dasar, Teknologi Informasi, Cloud

Full Text:

PDF

References


Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019, February). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1).

Hamdani, A. R., & Priatna, A. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Jenjang Sekolah Dasar di Kabupaten Subang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1-9.

KEBUDAYAAN, K. P. D. PANDUAN PENJAMINAN MUTU ASESMEN DAN EVALUASI PEMBELAJARAN DARING.

Iqbal, M., Latifah, S., & Irwandani, I. (2019). Pengembangan Video Blog (Vlog) Channel Youtube Dengan Pendekatan Stem Sebagai Media Alternatif Pembelajaran Daring. Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan, 7(2), 135-135.

Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2020). ANALISIS LITERASI DIGITAL CALON GURU SD DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL CLASSROOM DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.