PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR RT-RW NET DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN DARING PADA MASYARAKAT TEGALSARI

Wahid Miftahul Ashari, Rezki Satris

Abstract


Pandemi Covid-19 membuat aktivitas harus dilakukan dari rumah termasuk sector pendidikan. Pendidikan menerapkan model belajar mengajar secara online menggunakan media internet. Kondisi internet yang tidak merata di Indonesia membuat beberapa daerah memiliki kendala akses internet. Terlebih dengan tarif internet yang masih terbilang mahal di Indonesia. Salah satu daerah yang terkena dampak adalah daerah Tegalsari, Kab. Gunungkidul, para pekerja dan pelajar mengalami kendala akses internet. Pengabdian ini bertujuan untuk mengatasi masalah tersebut. Kami mencoba untuk mengembangkan sebuah sistem akses internet yang nantinya akan dapat digunakan oleh warga daerah Tegalsari khususnya para pelajar dan pekerja yang harus bekerja dari rumah. Infrastruktur yang kami kembangkan adalah RT-RW Net, infrastruktur ini nantinya akan dapat menyediakan akses internet ke seluruh Kawasan Tegalsari. Kami juga memeberikan pelatihan pengaturan jaringan, wawasan internet sehat, dan berwirausaha dengan internet kepada warga agar tidak salah dalam menggunakan fasilitas internet yang kami rancang bersama warga Tegalsari. Kami berharap bahwa dengan adanya pengabdian ini dapat menjadi manfaat yang besar bagi warga Tegalsari terlebih untuk meningkatkan kualitas pendapatan warga dengan menggunakan internet,

 

Kata kunci: Pandemi, Internet, RT-RW Net.

Full Text:

PDF

References


“Kedutaan Besar Republik Indonesia di BRUSSELS, Merangkap Luksemburg & Uni Eropa BELGIA,” Kementerian Luar Negeri Repulik Indonesia. https://kemlu.go.id/brussels/id (accessed Nov. 09, 2020).

S. GTK, “Kebijakan Kemendikbud di Masa Pandemi.” http://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/kebijakan-kemendikbud-di-masa-pandemi (accessed Nov. 09, 2020).

“TrustPositif.” https://trustpositif.kominfo.go.id/ (accessed Nov. 09, 2020).

“Manual:TOC - MikroTik Wiki.” https://wiki.mikrotik.com/wiki/Manual:TOC (accessed Nov. 09, 2020).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.