PEMASARAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS ANGGOTA KARANG TARUNA BHAKTI PERTIWI
Abstract
Karang Taruna Bhakti Pertiwi (KTBP) Manjung Kulon merupakan sebuah perkumpulan bagi anak muda dusun Manjung Kulon, Desa Manjung Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.KTBP memfasilitasi bebrbagai macam kegiatan pemuda yang sifatny positif, salah satu contohnya adalah edukasi mengenai pengembangan kemampuan anggotanya dalam segala bidang. Di era pandemi ini tentu banyak sektor yang terdampak, mulai dari usaha yang pendapatan usahanya menurun, hingga pegawai yang terpaksa dirumahkan akibat tempat bekerjanya bangkrut.Terlebih lagi di Dusun manjung kebanyakan orang tua bekerja di bidang pertanian. Sedangkan di pertanian ketika tiba waktu panen, harga hasil bumi menjadi sangat rendah. Bahkan hasil penjualan tidak dapat menutupi biaya produksi seperti bibit, pupuk, pemeliharaan, dan biaya pekerja kebun.Untuk menanggulangi hal itu, KTBP bersama dengan Universitas Amikom Yogyakarta melalui Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Amikom Yogyakarta memberikan pelatihan berjudul “Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Produktifitas Anggota Karang Taruna Bhakti Pertiwi”. Pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan daya saing bagi para anggota KTBP di era pandemi. Selain itu, pelatihan ini juga diharapkan menciptakan calon-calon pengusaha dan yang sudah memiliki usaha dapat meningkatkan pendapatan usahanya lewat pemasaran digital.
Kata kunci: pemasaran digital, karang taruna, pengabdian masyarakat, pelatihan digital marketing.
Full Text:
PDFReferences
N. T. Hariyanti and A. Wirapraja, “Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur),” J. Eksek., vol. 15, no. 1, pp. 133–146, 2018.
D. F. Kusuma and M. S. Sugandi, “Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts,” J. Manaj. Komun., vol. 3, no. 1, p. 18, 2019.
A. W. Kurnianti and U. Tidar, “Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Sebagai,” J. Ris. Komun., vol. 1, no. 1, pp. 180–190, 2018.
Refbacks
- There are currently no refbacks.