PENINGKATAN KOMPETENSI TENTOR LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR G-SMART DENGAN MEMANFAATKAN E-LEARNING

Theopilus Bayu Sasongko

Abstract


Internet learning merupakan sebuah proses pembelajaran yang berbasis elektronik yang digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat digunakan oleh setiap Lembaga Pendidikan baik formal maupun non-formal. Dalam rangka pengembangan proses belajar mengajar yang dilaksanakan di Lembaga bimbingan belajar G-SMART, maka konsep internet learning berusaha untuk diterapkan guna menjembatani proses belajar mengajar yang tidak dapat dilakukan secara face-to face akibat pandemic Covid-19. Metode kegiatan yang digunakan untuk mencapai tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah dengan metode ceramah dan praktek melalui virtual (online). Materi yang di disampaikan pada kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah pemanfaatan e-learning dan tata kelola administratif. Semua peserta pelatihan setelah mendapatkan materi yang disampaikan kemudian langsung mempraktekannya ke dalam sebuah studi kasus. Dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dapat disimpulkan bahwa penerapan internet learning yang diajarkan kepada para tentor Lembaga bimgingan belajar G-SMART mampu memberikan alternatif baru mengenai media pembelajaran berbasis teknologi informasi yang bisa digunakan dalam proses belajar mengajar. Selain itu bimbingan belajar G-SMART selaku institusi pendidikan non formal akhirnya memiliki sistem informasi tata kelola administratifnya sendiri.

 

Kata kunci: G-SMART, e-learning, edmodo

Full Text:

PDF

References


Nugroho, B., 2008. Aplikasi e-learning dengan PHP & Editor Dreamweaver. Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Yogyakarta

Hartanto, A.A. and Purbo, O.W., 2002. Teknologi e-learning berbasis php dan mysql. Elex media komputindo, Jakarta

Hartanto, A. A., & Purbo, O. W. (2002). Buku pintar internet teknologi e-learning berbasis PHP dan MySQL. Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia

Wahono, R.S., 2005. Pengantar e-Learning dan pengembangannya. Portal www. ilmukomputer. com Indonesia) diakses tanggal, 22.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.