PEMANFAATAN KOMIK SEBAGAI MEDIA INFORMASI ALTERNATIF TENTANG COVID 19 DI DESA DRONO KLATEN

Stara Asrita, Eli Pujastuti

Abstract


Situasi  pendemi  Covid  19  di  Indonesia  saat  ini  mempengaruhi  seluruh  sektor  kehidupan  masyarakat. Informasi merupakan salah satu faktor utama agar masyarakat dapat menyikapi kondisi pandemi dengan tepat. Untuk itu diperlukan sebuah media yang dapat diterima dengan baik oleh anak-anak karena informasi tentang Covid 19 ini harus sampai ke semua kategori masyarakat. Seperti misalnya anak-anak umur 9 sampai 12 tahun yang berada di sekolah dasar seharusnya mendapatkan informasi yang sesuai dengan daya tangkap mereka. Salah satu media informasi alternatif yang dapat digunakan untuk menarik perhatian anak- anak adalah komik. Komik mempunyai ilustrasi gambar dan cerita menarik untuk dibaca dibandingkan buku ajar  biasa  yang  banyak  dipenuhi  dengan  tulisan.  Tujuan  pengabdian  masyarakat  ini  adalah  untuk memberikan media informasi alternatif kepada anak-anak melalui media komik berjudul “Petualangan Koko dan Rona”.        Hasilnya, telah dicetak sebanyak 30 buah komik yang dibagikan kepada Karang Taruna

Abimanyu Desan Drono, Klaten, Jawa Tengah. Komik tersebut kemudian diberikan ke beberapa tempat yaitu  TPA  Drono  Timur  dan  TPA  Mlandangan.  Pengurus  masjid  dan  beberapa  guru  TPA  tersebut melakukan suatu pertemuan dengan anak-anak TPA dan kemudian bermain peran sesuai dengan cerita di komik. Kesimpulannya, bahwa komik cukup memberikan informasi tentang Covid 19 kepada anak-anak melalui cerita yang tidak terlalu berat. Anak-anak TPA tersebut antusias dalam memerankan tokoh sesuai dengan cerita komik.

 

Kata kunci: informasi Covid 19, komik, media alternatif

Full Text:

PDF

References


R. S. Nugroho, “Rekap Kasus Corona Indonesia Selama Maret dan Prediksi di Bulan April,” 2020. [Online]. Available: https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/31/2 13418865/rekap-kasus-corona-indonesia-selama- maret-dan-prediksi-di-bulan-april.

L. Sulistyawati, “Nadiem Jelaskan Makna Pembelajaran Daring,” 2020. [Online]. Available: https://republika.co.id/berita/q7p9wr409/nadiem- jelaskan-makna-pembelajaran-daring.

A. Ridlo, “Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 9-12 Tahun melalui Permainan Catur,” J. Ilm. WUNY, vol. XVI, no. 3, 2014, doi: https://doi.org/10.21831/jwuny.v16i3.2962.

Ambaryani and G. S. Airlanda, “PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK UNTUK EFEKTIFITAS DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK,” J. Pendidik. Surya Edukasi, vol. 3, no. 1, pp. 19–28, 2017, doi: 10.1108/eb034372.

A. D. Saputra, “Aplikasi Komik sebagai Media,” M U a D D I B, vol. 05, no. ISSN 2088-3390, p. 01, 2015.

W. N. Budiarti and H. Haryanto, “Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan MotivasiBelajar Dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv,” J. Prima Edukasia, vol. 4, no. 2, p. 233, 2016, doi: 10.21831/jpe.v4i2.6295.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.