PEMANFAATAN KOMIK SEBAGAI MEDIA INFORMASI ALTERNATIF TENTANG COVID 19 DI DESA DRONO KLATEN
Abstract
Situasi pendemi Covid 19 di Indonesia saat ini mempengaruhi seluruh sektor kehidupan masyarakat. Informasi merupakan salah satu faktor utama agar masyarakat dapat menyikapi kondisi pandemi dengan tepat. Untuk itu diperlukan sebuah media yang dapat diterima dengan baik oleh anak-anak karena informasi tentang Covid 19 ini harus sampai ke semua kategori masyarakat. Seperti misalnya anak-anak umur 9 sampai 12 tahun yang berada di sekolah dasar seharusnya mendapatkan informasi yang sesuai dengan daya tangkap mereka. Salah satu media informasi alternatif yang dapat digunakan untuk menarik perhatian anak- anak adalah komik. Komik mempunyai ilustrasi gambar dan cerita menarik untuk dibaca dibandingkan buku ajar biasa yang banyak dipenuhi dengan tulisan. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan media informasi alternatif kepada anak-anak melalui media komik berjudul “Petualangan Koko dan Rona”. Hasilnya, telah dicetak sebanyak 30 buah komik yang dibagikan kepada Karang Taruna
Abimanyu Desan Drono, Klaten, Jawa Tengah. Komik tersebut kemudian diberikan ke beberapa tempat yaitu TPA Drono Timur dan TPA Mlandangan. Pengurus masjid dan beberapa guru TPA tersebut melakukan suatu pertemuan dengan anak-anak TPA dan kemudian bermain peran sesuai dengan cerita di komik. Kesimpulannya, bahwa komik cukup memberikan informasi tentang Covid 19 kepada anak-anak melalui cerita yang tidak terlalu berat. Anak-anak TPA tersebut antusias dalam memerankan tokoh sesuai dengan cerita komik.
Kata kunci: informasi Covid 19, komik, media alternatif
Full Text:
PDFReferences
R. S. Nugroho, “Rekap Kasus Corona Indonesia Selama Maret dan Prediksi di Bulan April,” 2020. [Online]. Available: https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/31/2 13418865/rekap-kasus-corona-indonesia-selama- maret-dan-prediksi-di-bulan-april.
L. Sulistyawati, “Nadiem Jelaskan Makna Pembelajaran Daring,” 2020. [Online]. Available: https://republika.co.id/berita/q7p9wr409/nadiem- jelaskan-makna-pembelajaran-daring.
A. Ridlo, “Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 9-12 Tahun melalui Permainan Catur,” J. Ilm. WUNY, vol. XVI, no. 3, 2014, doi: https://doi.org/10.21831/jwuny.v16i3.2962.
Ambaryani and G. S. Airlanda, “PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK UNTUK EFEKTIFITAS DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK,” J. Pendidik. Surya Edukasi, vol. 3, no. 1, pp. 19–28, 2017, doi: 10.1108/eb034372.
A. D. Saputra, “Aplikasi Komik sebagai Media,” M U a D D I B, vol. 05, no. ISSN 2088-3390, p. 01, 2015.
W. N. Budiarti and H. Haryanto, “Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan MotivasiBelajar Dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv,” J. Prima Edukasia, vol. 4, no. 2, p. 233, 2016, doi: 10.21831/jpe.v4i2.6295.
Refbacks
- There are currently no refbacks.