PENGEMBANGAN WEBSITE SEBAGAI SARANA INFORMASI BAGI SEKOLAH SMK MAARIF 2 PIYUNGAN

Sri Mulyatun, Joko Dwi Santoso

Abstract


Dunia Pendidikan sedang terguncang dengan pandemic Covid-19. System pembelajaran yang tidak menentu dan banyak pola pembelajaran yang berubah. Mulai belajar di rumah, belajar dengan TVRI dan lain sebagainya.  Selain itu sekolah juga  diharapkan memberikan informasi kepada  masyarakat luas terkait kondisi  sekolah  terutama  dalam  pengumuman-pengumuman  bersifat  terbuka  dan  dibutuhkan  oleh masyarakat luas, seperti pengumuman penerimaan siswa bari dan kebijakan sekolah terkait pandemic covid-

19.  Untuk  mempermudah  semuanya  tentunya  dapat  menggunakan  teknologi,  misalnya  dengan memanfaatkan teknologi internet.

 

Saat ini SMK Maarif 2 Piyungan telah menggunakan basis informasi Internet pada lingkungan Sekolah namun pemanfaatan jaringan Internet ini masih belum maksimal dikarenakan kemampuan pemanfaatkan teknologi informasi masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat belum adanya situs-situs sekolah. Website sendiri dapat dimanfaatkan oleh guru untuk dijadikan sebagai media pembelajaran baru yang menarik, kreatif dan mudah dipahami oleh siswa dalam proses belajar mengajar. dengan metode ini guru dapat menuliskan materi belajar, tugas, maupun bahan diskusi pada website, kemudian para siswa dapat belajar bersama-sama di website guru tersebut. Selain itu pengumuman dan penyampaian informasi dapat lebih terjangkau dengan adanya website sekolah.

 

Dengan  melihat  manfaat-manfaat  yang  dapat  diperoleh  dari  sebuah  website  guru  sebagai  media pembelajaran, maka perlu diadakan pelatihan untuk membuat dan mengelola Website bagi SMK Maarif 2 Piyungan.

 

Kata kunci: SMK, Website, sekolah, guru, siswa


Full Text:

PDF

References


Akbar, Ginanjar and Tjendrowaseno, Tri Irianto,2015, “Website Profil Sekolah Sebagai Media Informasi Dan Promosi”, JNS(Indonesian Journal on Networking and Security), Volume 4 No.1, mencakup beberapa permasalahan administrative dan juga pengeloalaan data disekolah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.