PENERAPAN E-COMMERCE BERBASIS WEBSITE UNTUK MEDIA PEMASARAN DAN IKLAN PADA SUMBER LEATHER

Lukman Lukman, Muhammad Abdul Malik

Abstract


Sumber Leather merupakan salah satu bentuk UMKM yang bergerak di bidang konveksi dan aksesoris khususnya yang berbahan dasar kulit. Adapun untuk bahan kulitnya sendiri meliputi kulit kambing dan kulit domba dengan tingkat kualitas dan finishing berbeda. Beberapa jenis produk yang dihasilkan oleh Sumber Leather meliputi jaket, tas, topi, dompet dan aksesoris lainnya seperti gantungan kunci dari bahan kulit.

Perkembangan teknologi informasi selain memudahkan juga menuntut semua aspek untuk bisa mengimplementasikan dalam rangka bersaing dan meningkatkan nilai jual. E-commerce merupakan salah satu bentuk penerapan teknologi informasi yang berkembang pesat karena kemanfaatannya sangat efektif. E-Commerce adalah perdagangan secara elektronik yang mendukung aktivitas pembelian, penjualan, dan pemasaran produk dengan memanfaatkan teknologi informasi. SumberLeather dipandang perlu untuk dibantu dibidang penerapan teknologi informasi khususnya penerapan website, apalagi kondisi pandemic COVID-19 yang sangat berimbas pada UKM.

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu pemasaran dan iklan pada UKM SumberLeather dalam bentuk Website, adapun metode pelaksanaan dimulai dengan pemaparan tentang website, manfaat dan pentingnya website terhadap pemasaran, kemudian dilanjutkan pembuatan website sumberleather.com, mulai dari menyewa hosting, domain dan membangunnya. Dilanjutkan pembuatan modul untuk memanage website tersebut dan selanjutnya melakukan pelatihan untuk mitra sekaligus praktek untuk mengatur website dari mitra secara langsung. Hasil dari pengabdian masyarakat ini selain transfer knowledge tentang pentingnya website untuk pemasaran juga terciptanya website www.sumberleather.com yang selanjutnya diharapkan mitra dapat mengembangkan sesuai harapannya sehingga bisa memperluas pemasaran dan meningkatkan omset pendapatanya.

 

Kata kunci: E-commerce, Website, UKM, Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Candra A., Dadan H., 2013, “E-Business & E-Commerce”, Penerbit Andi.

Rakhmat Makmur, 2018, “Manajemen E-Commerce” Informatika.

Rintho Rante Rerung, 2018, “E-Commerce Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi”, Deepublish.

Aan Rofik, 2019, “8 Alasan Mengapa Bisnis Anda Memerlukan Website”, dilihat 20 Mei 2020,

Kasmi, Adi Nurdian Candra, 2017, “Penerapan E-Commerce Berbasis Business To Consumers Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Makanan Ringan Khas Pringsewu”, Jurnal Aktual STIE Trisna Negara, Volume 15 (2) Hal. 109-116.

Andi Ridho Rachman, Beny, Erick Fernando, 2017, “Perancangan E-Commerce Berbasis Website Pada Toko Mirabella Batik Jambi”, PROCESSOR Vol. 12 No. 2 Hal. 1102-1117.

Silvia Sofian, 2017, “Penerapan Sistem Informasi E-Commerce Berbasis Web(Studi Kasus Untuk Vendor Pernikahan)”, JITEKH Vol 6 No 2 Hal 52-57.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.