DIGITAL MARKETING SEBAGAI SARANA PENINGKATAN PROMOSI SEKOLAH DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Dalam dunia bisnis aspek promosi adalah salah satu faktor penting dalam meraih kesuksesan sebuah usaha. Oleh karena itu berbagai bentuk promosi akan ditempuh oleh produsen meskipun untuk itu harus nengeluarkan biaya yang mahal. Dewasa ini sekolah atau Perguruan tinggi dalam mencari siswa telah dikelola layaknya sebuah Bisnis dalam perusahaan, promosi diilakukan guna meningkatkan animo calon siswa untuk masuk di sekolah tersebut.
Tahun 2020 merupakan tahun dimana aspek pendidikan di Indonesia hampir lumpuh total. Ditengah pandemi covid-19 yang kian meresahkan seluruh penduduk indonesia, pemerintah menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk melakukan Pisical Distancing. Hal ini menyebabkan Sekolah dan perguruan tinggi diseluruh indonesia mengalami kesulitan dalam beroperasi. Hampir semua sekolah dan perguruan tinggi menerapkan work from home yang membuat kegiatan akademik dan non akademik menjadi terhambat, tidak terkecuali penerimaan siswa baru. Pandemi covid 19 membuat animo calon siswa yang mendaftar sekolah menjadi menurun drastis. Sekolah-sekolah mengalami kesulitan dalam melakukan promosi dan memperkenalkan sekolah kemasyarakat. Hal ini membuat calon siswa yang mendaftar sangat sedikit. SMK N 1 Nanggulan merupakan salah satu sekolah yang ikut mengalami penurunan animo calon siswa baru dampak dari pandemi covid-19.
Salah satu solusi yang dapat dilakukan pihak sekolah dalam mempromosikan sekolah adalah melalui media online. Promosi online yang dapat digunakan beraneka macam dan melalui berbagai media. Namun keterbatasan kemampuan sumberdaya manusia yang dimiliki sekolah juga menjadi kendala tersendiri. Untuk itu kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang akan dilaksanakan ini bertujuan untuk membantu sekolah dalam membuat media promosi berupa video dan memberikan pelatihan kepada pengelola sekolah dalam melakukan promosi secara onlinea.
Kata kunci: Promosi, Covid-19, SMK N 1 Nanggulan
Full Text:
PDFReferences
Fitriyani, I., Sudiyarti, N. ., & Fietroh, M. N. ,2020, Strategi Manajemen Bisnis Pasca Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities, 1(2), 87-95
Aminul,Muhammad,2020, PERILAKU PRODUKSI DI TENGAH KRISIS GLOBAL AKIBAT PANDEMI COVID-19 DAN MEMANFAATKAN MEDIA ONLINE FACEBOOK SEBAGAI ALTERNATIF PASAR. EMISI (Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi).
M.R. Fitri, 2014, RANCANG BANGUN MEDIA PROMOSI SMP PIUS CILACAP, repositori Amikom Purwokerto.
Maryati, Sri & E.P. Bambang, 2013, Pembuatan Video Profil Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Polokarto Kabupaten Sukoharjo Dengan Menggunakan Multimedia, Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi
Refbacks
- There are currently no refbacks.