PEMANFAATAN POSTER SEBAGAI MEDIA SOSIALISASI MENGHADAPI PANDEMI COVID-19 DI DESA DRONO, KLATEN

Deani Prionazvi Rhizky, Ni’mah Mahnunah

Abstract


Seiring dengan meningkatnya jumlah korban positif Covid-19, pemerintah menerapkan beberapa aturan terhadap WNI seperti rajin cuci tangan, memakai masker saat keluar rumah, dan mendorong jarak fisik kepada seluruh WNI tanpa terkecuali. Tidak semua lapisan masyarakat dapat mengakses media televisi atau internet. Selain infrastruktur yang belum memadai, minimnya literasi media yang diterima oleh sebagian masyarakat pedesaan, terutama para lansia, menjadi faktor tidak efektifnya penyebaran informasi menggunakan media massa atau media sosial. Untuk itu perlu dicari media alternatif di luar media massa dan media sosial untuk dapat menyampaikan informasi penting kepada masyarakat yang sarana komunikasi dan informasi tidak terpengaruh dengan baik. Hasilnya telah dicetak dua desain poster dengan empat tema yang dicetak sebanyak 100 lembar yang kemudian disebarkan ke 15 RW yang ada di Desa Drono, Klaten. Penyerahan poster langsung dilakukan ketua pengabdian masyarakat kepada ketua Karang Taruna Abimanyu yang selanjutnya akan didistribusikan ke masyarakat Desa Drono, Klaten lewat sosialisasi yang diadakan oleh pihak mitra. Kesimpulannya, penggunaan poster dapat memberikan kesadaran masyarakat akan bahaya Covid-19 dan cara penanggulangannya dengan memberikan informasi semenarik mungkin sehingga masyarakat dapat dengan mudah menangkap informasi yang disampaikan dengan mudah. Media poster mampu menjawab minimnya pemerataan informasi kepada masyarakat Desa Drono, Klaten.

 

Keywords: media alternatif, Covid-19, Poster

Full Text:

PDF

References


Anitah, S. (2009). Media pembelajaran. Surakarta: Yuma Presindo.

Depkes RI. (2004). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: 128/MENKES/SK/II/2004.

Hadiyat, Y. D. (2014). Kesenjangan Digital di Indonesia (Studi Kasus di Kabupaten Wakatobi). Pekommas, 17(2), 81–90.

Hamida, K., Zulaekah, S., & Mutalazimah. (2012). Penyuluhan Gizi Dengan Media Komik Untuk Meningkatkan Pengetahuan Tentang Keamanan Makanan Jajanan. KEMAS Journals, 8(1), 67–73.

Tim detikcom. (2020). Kapan Sebenarnya Corona Pertama Kali Masuk RI? https://news.detik.com/berita/d-4991485/kapan-sebenarnya-corona-pertama-kali-masuk-ri/3


Refbacks

  • There are currently no refbacks.