INISIASI PENGELOLAAN INFORMASI BISNIS UNTUK ANGGOTA KOMUNITAS DAKWAH EKONOMI SYARIAH

Anggrismono Anggrismono

Abstract


Pandemi COVID-19 telah banyak mengubah aktivitas kehidupan masyarakat yang ada di seluruh dunia, salah satunya adalah aktivitas pemasaran bisnis oleh para pelaku usaha. Penggunaan berbagai fasilitas di internet saat ini semakin jamak ditemui di tengah masyarakat. Program kegiatan ini menggandeng mitra yaitu pengurus Komunitas dakwah ekonomi syariah X-Bank yang memiliki ribuan anggota. Kemampuan mitra untuk dapat mengoptimalkan penggunaan fasilitas pemasaran daring untuk usahanya menjadi sangat penting pada masa sekarang. Program kegiatan ini fokus untuk membangun kesadaran dan pemahaman pemasaran digital dan langkah-langkah yang dilakukan dalam membuat dan mengelola Google My Business (GMB) guna mendukung usahanya. Kegiatan ini dirancang untuk tujuan: 1) Peningkatan pengetahuan dan kemampuan mitra dalam hal manajemen pemasaran untuk mendorong pengenalan dan penjualan produk dalam cakupan yang lebih luas, 2) Peningkatan penguasaan metode pemasaran digital pelaku UMKM untuk menarik minat  calon konsumen serta brand awareness kepada konsumen menggunakan GMB. Metode pelaksanaan kegiatan PKM meliputi: 1) Observasi dan wawancara dengan mitra, 2) Identifikasi masalah mitra, 3) Pelatihan dan penyuluhan pemanfaatan GMB, 4) Pembuatan laporan kegiatan PKM, 5) Pembuatan artikel jurnal. Hasil pelaksanaan kegiatan adalah tercapainya semua target kegiatan, kerja sama dengan mitra dapat terjalin dengan baik, pemasaran produk meluas dan muncul pada pencarian google serta peningkatan daya saing UMKM mitra.

 

Kata kunci: pelatihani, google my business, pemasaran digital

Full Text:

PDF

References


D. Kusuma Winata, begini cara penerapan aturan pembatasan sosial berskala besar, [Online]. Tersedia:https://mediaindonesia.com/read/detail/300489-begini-cara-penerapan-aturan-pembatasan-sosial-berskala-besar [diakses pada 28 Mei 2020].

Biro Humas Kemnaker, Menaker: Badai Pasti Berlalu, Panggil Kembali Pekerja yang ter-PHK Nanti, [Online]. Tersedia: https://www.kemnaker.go.id/news/detail/menaker-badai-pasti-berlalu-panggil-kembali-pekerja-yang-ter-phk-nanti [diakses pada 28 Mei 2020].

Surat Edaran Nomor HK.02.01/MENKES/335/2020 tentang Protokol pencegahan penularan corona virus disease (covid-19) di tempat kerja sektor jasa dan perdagangan (area publik) dalam mendukung keberlangsungan usaha.

Digital 2019: Global Digital Overview — DataReportal – Global Digital Insights. (n.d.). Retrieved November 10, 2020, from https://datareportal.com/reports/digital-2019-global-digital-overview [diakses pada 28 Mei 2020].

Irawan, Yeni; Diana; dan Marlina, 2016, Optimalisasi Produksi dan Pemasaran Aksesoris Jilbab Dari Kain Perca di Desa Tambon Baru Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 22. No. 3.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.