PKM PENINGKATAN BRANDING PRODUK UNTUK MENUNJANG STRATEGI PEMASARAN ONLINE UKM “SERBA BISA TAILOR” SAAT PENDEMI COVID-19

Agus Fatkhurohman

Abstract


Pada situasi seperti saat ini, banyak negara yang ikut terkena dampak Pandemi Covid-19 termasuk negara Indonesia yang akibatnya banyak sektor ikut terkena dampaknya, seperti sektor industri, sektor pendidikan, sektor kesehatan dan banyak lainnya. Karena suatu wabah Covid-19 saat ini mau tidak mau semua sektor harus merubah pola kerja dan bahkan pola kehidupan sehari-hari. Peraturan pemerintah yang menerapkan untuk social distancing maupun physical distancing untuk menekan angka laju penularan covid-19 di negara Indonesia. Sektor ekonomi juga mengalami banyak gejolak. Semenjak peraturan pemerintah menerapkan aturan pembatasan aktifitas social diluar rumah dan dilarang untuk berkegiatan yang melakukan atau mengundang kerumunan warga, mengakibatkan sebagian besar orang hanya beraktifitas di dalam rumah. Akibatnya roda perputaran perkeonomian pun menjadi kacau, dan tidak sedikit pula yang sangat susah untuk menyesuaikan. Banyak masyarakat yang pendapatan pekerjaanya turun drastis bahkan sampai kehilangan pekerjaan. Terlebih lagi dalam sektor UMKM. Dari sekian banyak sektor pelaku bisnis disini saya fokuskan untuk sektor penyedia jasa, karena yang biasanya jasa tersebut dapat menghasilkan sebuah penghasilan dengan baik otomatis sekarang menjadi sepi sampai kehilangan pelanggan, akibatnya untuk bertahan pun menjadi susah, seperti halnya sektor jasa menjahit pakaian “Serba Bisa Tailor” yang mau diangkat untuk kegiatan ini. Karena sepi pelanggan maka penghasilannya pun menjadi berkurang tidak seperti biasanya.

 

Kata kunci: Covid-19, Ekonomi, UKM, UMKM

Full Text:

PDF

References


Hanoatubun Silpa, 2020, ”Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia”, EduPsyCouns Journal, Volume 2 Nomor 1.

Hamzah Lies Maria, Agustien Devi, 2019, “Pengaruh Perkembangan Usaha Mikro, Cecil, Dan Menengah Tehadap Pendapatan Nasional Pada Sektor UMKM Di Indonesia”, Jurnal Ekonomi Pembangunan Volume 8 No 2 Juli

Setyowardhani Hapsari, Susanti Hera, Riyanto, 2019, “Optimalisasi Media Sosial Sebagai Alat Plromosi Untuk Desa WIsata Lebakmuncang”, Dinamisia Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 3, Special Issue Juni.

Kusumawardhani Ratih, Kurniawan Soni Ignatius, Ningrum Nonik Kusuma, 2020, “Pelatihan Pemasaran Digital dan Manajemen Usaha Untuk Akses Kinerja UKM Pengrajin Bmbu di Desa Tirtoadi, Mlati, Sleman”, Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Vol. 5, No. 1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.