E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING USAHA BONSAI WALUYO

Agung Nugroho

Abstract


Pada era industri saat ini persaingan bisnis semakin terlihat kompetitif dan terbuka.  Penggunaan teknologi informatika sebagai pendukung  proses bisnis yang berjalan  menjadi trend yang efektif digunakan oleh pelaku bisnis.  Pada usaha kecil dan menengah keberhasilan bisnisnya tergantung pada keberadaan pasar yang jelas terhadap produk yang dihasilkannya. Pelaku bisnis khususnya usaha kecil menengah yang masih menggunakan cara cara tradisional atau konvensional kemungkinan akan kalah dalam persaingan. Pada usaha kecil bonsai yang dimiliki oleh Bapak Waluyo contohnya,  di mana usahanya masih menggunakan cara  tradisional  di  mana  produknya  dipasarkan  dengan  menawarkan  masyarakat  setempat.  Untuk meningkatkan penjualan maka diperlukan pemasaran produk secara lebih luas.  Salah satu cara metode yang efektif digunakan yaitu adalah e-commerce.  Melalui e-commerce akses pasar menjadi semakin luas. Dengan pemahaman dan persiapan yang matang tentang konsep e-commerce usaha Bapak Waluyo di bidang  bonsai  menjadi  lebih  dikenal  oleh  masyarakat  luas  dan  tentunya  harapannya  penjualandan penghasilannya menjadi meningkat.

 

Kata kunci: maksimal 5 kata terpenting dalam makalah

Full Text:

PDF

References


Febriadi1. B, Nasution.N, 2017 Sosialisasi Dan Pelatihan Aplikasi Google Form Sebagai Kuisioner Online Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Jurnal Inovtek Polbeng - Seri Informatika, Vol. 2, No. 1.

Nuryanti 2013 Peran E-Commerce Untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Kecil Dan Menengah ( Ukm ) Jurnal Ekonomi Volume 21, Nomor 4

Siregar.J,H, Anwar.C, Singadji.M, 2019, Pengelolaan Pemanfaatan Aplikasi Sistem Informasi Untuk Aktivitas Warga Kelurahan Sawah Baru, Tangerang Selatan, Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat Lppm Umj E-Issn: 2714- 6286.

https://www.pertanian.go.id/home/index.php?s how=news&act=view&id=2564


Refbacks

  • There are currently no refbacks.