PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DENGAN SISTEM MONITORING PENGAJIAN PADA YAYASAN INSAN PRIMA DI MASA PANDEMI COVID-19

Afrig Aminuddin

Abstract


Yayasan ini memiliki 25 TPA/Q binaan yang tersebar di Kabupaten Sleman. Yayasan Insan Prima membina dengan cara menyusun kurikulum, melatih tenaga pendidik, mengevaluasi kurikulum, membantu pendanaan, membantu sarana prasarana untuk semua TPA/Q binaan. Ujung tombak kegiatan dari yayasan ini berada di TPA/Q. Di masing-masing TPA/Q sudah terjadwal pengajian untuk semua jenjang usia. Untuk TK dan SD diwadahi dengan jenjang Caberawit. Untuk SMP diwadahi dengan jenjang Pra Remaja. Untuk SMA sampai usia  30  tahun  diwadahi  dengan  jenjang  Remaja.  Dengan  adanya  pandemi  COVID-19  ini  pemerintah menghimbau masyarakat untuk tinggal di rumah dan tempat ibadah agar ditutup. Hal ini dilakukan agar penyebaran  virus  corona  dapat  terkontrol  dan  tidak  menimbulkan  lebih  banyak  korban  jiwa.  Sebagai yayasan  pendidikan  yang  berbasiskan  ilmu  agama,  maka  Yayasan  Insan  Prima  mengikuti  himbauan pemerintah dengan cara membuat kebijakan untuk TPA/Q binaan agar merubah aktivitas pengajian secara tatap muka menjadi pengajian privat secara daring. Namun pengajian secara daring ini belum terkontrol dengan baik oleh Yayasan Insan Prima. Oleh karena itu diusulkan sebuah Sistem Monitoring Pengajian sebagai mekanisme kontrol terhadap keterlaksanaan kegiatan pembelajaran di masing-masing TPA/Q. Hasil dari  kegiatan  pengabdian  ini  adalah  sebuah  software  Sistem  Monitoring  Pengajian  untuk  membantu pengurus Yayasan Insan Prima dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran pada seluruh TPA/Q binaan.

 

Kata kunci: sistem informasi, tpa, tpq


Full Text:

PDF

References


A. Aminuddin, “Rancang Bangun Sistem Informasi Munaqosyah pada Yayasan Insan Prima,” in PROSIDING SEMINAR HASIL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2019, pp. 7–12.

D. Cucinotta and M. Vanelli, “WHO declares COVID-19 a pandemic.,” Acta bio-medica Atenei Parm., vol. 91, no. 1, pp. 157–160, 2020.

A. Spinelli and G. Pellino, “COVID-19 pandemic: perspectives on an unfolding crisis,” Br. J. Surg., 2020.

C. Kesuma and D. N. Kholifah, “Sistem Informasi Akademik Berbasis Web pada LKP Rejeki Cilacap,” 2019.

N. A. Istiqomah, K. Imayah, N. Saidah, and M. A. Yaqin, “Pengembangan Arsitektur Data Sistem Informasi Pondok Pesantren,” Jurasik (Jurnal Ris. Sist. Inf. dan Tek. Inform., vol. 5, no. 1, pp. 27–35, 2020.

B. Tujni and F. Syakti, “Implementasi Sistem Usability Scale Dalam Evaluasi Perspektif Pengguna Terhadap Sistem Informasi Akademik Berbasis Mobile,” Ilk. J. Ilm., vol. 11, no. 3, pp. 241–251, 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.