GERAKAN MASYARAKAT RT 11 MRICAN ANTI-HOAX DALAM BERSOSIAL MEDIA

Sannya Pestari Dewi, Franklyn Josua Wohel

Abstract


Kemudahan akses informasi yang diberikan sosial media menimbulkan masalah-masalah baru dalam masyarakat. Salah satu permasalahan yang muncul dari sosial media adalah penyebaran informasi Hoax melalui sosial media. Informasi Hoax dari sosial media tersiar ke berbagai lapisan masyarakat, bahkan penyebaran informasi Hoax ini menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi masyarakat RT 11 Mrican, Desa Caturtunggal, Sleman.Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya dan bentuk-bentuk informasi Hoax. Selain itu, pelatihan pengetahuan tentang literasi media ini diharapkan dapat membekali pengetahuan masyarakat mengenai teknik penyaringan informasi dari sosial media. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah dengan memberikan materi dan membantu kampanye anti-Hoax dalam sosial media. Hasil dari pengabdian ini memperlihatkan ibu-ibu RT 11 Mrican mulai menyadari bahaya Hoax dan cara identifikasi informasi Hoax di sosial media. Kelompok ibu RT 11 Mrican menjadi agen perubahan dari tingkat rumah untuk meningkatkan kapasitas individu dalam literasi media.

Kata kunci: Hoax, Media Sosial, Gerakan Masyarakat


Full Text:

PDF

References


Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, 4 April 2019, Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia.

Rahadi, Dedi Rianto., 2017, Perilaku Pengguna dan Informasi Hoax di Media Sosial, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol.5, No.1.

Sutantohadi, Alief.,Rokhimatul, Wakhidah, 2017, Bahaya Berita Hoax dan Ujaran Kebencian Pada Media Sosial Terhadap Toleransi Bermasyarakat, Vol.1, No.1.

Alzanin, Samah M., Aqil, M.Azmi., 2018, Detecting Rumors in Social Media : a Survey, The 4th International Conference on Arabic Computational Linguistic.

Darkenwald, Gordon G.,& Meriam, Sharton B.,1982, Adult education : foundations of practice, New York : Harper & Row.

Respati, S. ,2017, Mengapa Banyak Orang Mudah Percaya Berita “Hoax”? Kompas.com. diakses http://nasional.kompas.com/read/2017/01/23/18181951/mengapa.banyak.orang.mudah.percaya.berita.hoax.

Rahmawan. Detta., S. Kunto Adi Wibowo, Eni Maryani, 2018, Pelatihan Literasi Media Sosial Terkait Penanggulangan Hoaks bagi Siswa SMA di Kabupaten Bandung Barat, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Padjajaran, Vol. 2, No.12.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.