OPTIMALISASI IRIGASI BERBASIS PARTISIPASI MASYARAKAT DI AREA PERSAWAHAN KELOMPOK TANI SEDYO MAKMUR, DUSUN PUNDONG, DESA SRIHARDONO, PUNDONG, BANTUL

Citra Desy Aisyah Alkis, Pramudhita Ferdiansyah

Abstract


 

Fenomena kemarau panjang telah menghadapkan kelompok tani Sedyo Makmur pada masalah kurangnya jumlah air untuk mengairi sawah pada musim kemarau. Sumber air utama pada jaringan irigasi yang ada saat ini belum mampu mencukupi kebutuhan pengairan sawah di musim kemarau. Saluran irigasi eksisting di Dusun Pundong bersumber pada mata air dari anak Sungai Opak, yang sering menyusut volume air nya saat kemarau. Sumber air lain berupa sumur, merupakan alternatif warga untuk mengairi sawah mereka di musim kemarau, hanya saja masih terdapat beberapa kendala dalam proses distribusi air dari sumur ke sawah-sawah warga. Sebagai salah satu bentuk Tri dharma perguruan tinggi, kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat memberi manfaat nyata kepada warga kelompok tani di Dusun Bodowaluh Pundong ini. Pengabdian masyarakat kami melalui metode pendekatan dan perencanaan partisipatif mengajak warga kelompok tani Sedyo Makmur untuk menghadapi masalah tersebut. Hasil akhirnya diperoleh realisasi rencana pengotimalan irigasi secara partisipatif, melalui pengadaan pompa dan pipa juga penyusunan sistem peminjamannya serta metode buka tutup air untuk optimalisasi pengairan. Hingga berakhirnya program ini, manfaat nyata telah diperoleh warga dengan penggunaan pompa untuk tanam palawija dan kedepannya akan digunakan untuk tanam padi di penghujung November.

 

Kata kunci: irigasi, pengairan, partisipasi, pertanian, perencanaan


Full Text:

PDF

References


Djunaedi, Achmad. 2012. Proses Perencanaan Wilayah dan Kota. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rustiadi, Ernan; dkk. 2011. Perencanaan dan Pengembangan Wilayah. Jakarta: Crestpent Press dan Yayasan Pustaka Obor Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.