PENGEMBANGAN MEDIA VISUAL SEBAGAI PENGENALAN BENCANA KEBAKARAN DI LINGKUNGAN PADAT PENDUDUK

Widiyana Riasasi

Abstract


Kawasan perkotaan sering diasosiasikan dengan kawasan yang padat, baik populasi manusia ataupun bangunan. Kota Yogyakarta tercatat memiliki kepadatan penduduk yang tinggi yaitu sebesar 12.854 jiwa/km². Kepadatan bangunan yang tinggi salah satunya dapat memicu terjadinya bencana kebakaran dengan skala yang besar. Komponen masyarakat yang rentan terhadap bencana adalah anak-anak dan lansia. Anak-anak belum memiliki kematangan kognitif yang sama seperti orang dewasa, sehingga diperlukan pendampingan dalam mengatasi kondisi bencana seperti kebakaran. pendidikan kebencanaan diharapkan dapat memberikan anak-anak tersebut pengetahuan bagaimana harus bertindak ketika bencana kebakaran terjadi. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pendidikan kepada anak usia sekolah dasar mengenai bahaya kebakaran di lingkungan padat penduduk; serta menyerbarluaskan pentingnya mitigasi bencana kebakaran di lingkungan padat penduduk. Pelaksanaan kegiatan pengenalan bencana kebakaran di lingkungan padat penduduk ditargetkan kepada siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Tegalrejo Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah observasi serta studi literatur untuk mengumpulkan materi mengenai bencana kebakaran. Luaran yang dihasilkan dari kegiatan ini berupa booklet cerita bergambar mengenai bahaya kebakaranserta dilengkapi dengan keterangan mitigasi terhadap bencana kebakaran, yang dapat menjadi pedoman untuk mengurangi risiko bencana ataupun penanganan ketika bencana terjadi.

 

Kata kunci: kebakaran, padat, penduduk, bencana, booklet


Full Text:

PDF

References


Pemerintah Republik Indonesia. UU No. 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana

The United Nations Office for Disaster Risk Reduction (UNISDR). 2004. Living with Risk: A Global Review of Disaster Reduction Initiatives. UNISDR.

Badan Pusat Statistik. 2017. Kota Yogyakarta Dalam Angka 2016. Kota Yogyakarta

Kidokoro, T. (2008). Community-based for Improving Vulnerable Urban Space. In T. Kidokoro (Ed.), Vulnerable Cities: Realities, Innovations, and Strategies (Vol. 8). Tokyo: Springer.Badan Pusat Statistik., “Kota Yogyakarta Dalam Angka 2017”, Publikasi, 2018.

Sufianto, H., Green, A.R., “Urban Fire Situation in Indonesia”, Jurnal Fire Technology, vol. 48, pp 367-387, 2011.

Wanjala, G., Onyango M.A. Disaster Awareness and Preparedness of Secondary Schools in Homa Bay County Kenya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.