PENGUATAN DIGITAL MARKETING UMKM KEDAI SABO

Jaeni Jaeni, Yusuf Amri Amrullah

Abstract


Pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan pemanfaatan digital marketing UMKM (Usaha Kecil Mikro Menengah) di Kedai Sabo Jalan Timbulrejo, Denokan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan bidang usaha kuliner. Metode yang digunakan pada pengabdian yaitu dengan memberikan konsultasi secara langsung pemanfaatan digital marketing yang saat ini masih belum secara maksimal di gunakan di UMKM Kedai Sabo. Hasil dari pengabdian ini yaitu Kedai Sabo Resto, mulai memahami dan mengintegrasikan pemasaran menggunakan digital marketing, dengan fokus pada pemakaian whats app story dan instagram. Sehingga hasil yang diharapkan yaitu meningkatnya omzet dari Kedai Sabo Resto. Kesimpulan pada pengabdian masyarakat ini yaitu penggunaan atau pemanfaatan media digital dipengaruhi oleh usia dan kebiasaan sebelumnya, ibu yanti selaku owner dari Kedai Sabo Resto mulai bisnis kuliner dari 8 tahun yang lalu dimana pada saat itu belum mengenali internet sebagai media pemasaran, pemasaran yang dilakukan masih konvensional yaitu dengan menggunakan brosur dan mendatangai satu per satu ke instansi atau individu dari calon pelanggan.

 

Kata kunci: kuliner, kewirausahaan, digital marketing, UMKM.

Full Text:

PDF

References


Tim Penyusun Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Amikom Yogyakarta. 2019. Panduan Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat Dosen Universitas Amikom Yogyakarta Edisi 2019. Yogyakarta.

https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/4286/Pengguna+Internet+Indonesia+Nomor+Enam+Dunia/0/sorotan_media

https://www.seputarmarketing.com/ind/pengertian-dan-jenis-digital-marketing/

http://strategimanajemen.net/apps23/wp-content/uploads/2017/04/Slides-Presentasi-Digital-Marketing-Strategy-agar-Jualan-Laris.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.