PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMANFAATAN GOOGLE UNTUK BISNIS MENGGUNAKAN GOOGLEDOCS, GOOGLESHEETS DAN GOOGLEFORMS UNTUK GURU TK (IGTKI) NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA

Lukman Lukman

Abstract


Perkembangan teknologi yang cepat, menuntut seluruh individu untuk dapat meningkatkan daya saingnya dengan mengenal dan bisa menggunakan teknologi tersebut. Cloud computing merupakan salah satu bentuk perkembangan teknologi yang sangat besar manfaatnya bagi individu yang memanfaatkannya. Begitu juga guru-guru yang tergabung di IGTKI diharapkan bisa melek teknologi khususnya cloud computing yang saat ini berkembang.

Google adalah perusahaan besar kelas dunia yang menyediakan teknologi cloud yang sangat bisa memudahkan pekerjaan kita, begitu juga untuk guru-guru yang ada di IGTKI. Dimana dengan menggunakan google bisa memudahkan pekerjaan bersama (colaborative works) para guru yang mungkin tidak bisa bertemu secara langsung, selain itu diberikan pula kasus bisnis berkaitan dengan kegiatan guru seperti surat meyurat dan kasus perhitungan dengan googlesheet.

Keuntungan yang lain dari adanya cloud yaitu kita tidak perlu penggunaan flashdisk karena filenya tersimpan pada cloud, selain itu dengan menggunakan googleforms harapannya dengan ide kreatif para guru-guru TK tersebut bisa mengembangan dan membuat form untuk menunjang pekerjaan atau bisa membuat form tersebut untuk media belajar atau survey berkaitan dengan sekolahnya dalam upaya meningkatkan kualitas untuk anak-anak didiknya.

 

Kata kunci: teknologi, cloud computing, google, IGTKI


Full Text:

PDF

References


Timothy J. O’Leary, Linda I O’Leary, Daniel A O’Leary. 2017. Computing Essentials. Mc Graw Hill Education.

Kurweni Ukar, Budi Permana. 2017. 36 Jam Belajar Komputer Microsoft Office Home & Business 2016. Elex Media Komputindo.

MADCOMS. 2015. Microsoft Office (Word-Excel-PowerPoint) untuk Administrasi Perkantoran. ANDI OFFSET.

Katherine Murray. 2014. Plain & Simple Microsoft Office Professional 2013. Pixel Publication.

www.google.com (googlemail, googledrive, googledocs, googlesheets dan googleforms)

https://www.pcmag.com/article/256563/what-is-cloud-computing, dilihat 25 juli 2019


Refbacks

  • There are currently no refbacks.