PENINGKATAN KEMAMPUAN MASYARAKAT MELALUI MANAJEMEN PENGELOLAAN KEUANGAN HASIL BUDIDAYA SAYURAN ORGANIK RUMAHAN DI DUSUN DAYU SINDUHARJO SLEMAN

Widiyanti Kurnianingsih

Abstract


Ibu rumah tangga memiliki peran penting dalam ‘mengeksekusi’ keuangan keluarga. Pendapatan keluarga yang didapat dari nafkah suami maupun nafkah yang didapat secara bersama akan dikelola dan dicatat serta direncanakan agar dapat memperlancar perekonomian keluarga. Saat ini kemampuan dan pengetahuan para ibu rumah tangga terhadap manajemen pengelolaan keuangan keluarga masih terbatas, umumnya ibu rumah tangga masih melakukan pengelolaan secara otodidak, tanpa pengetahuan yang mencukupi. Pada pengabdian masyarakat sebelumnya yang dilaksanakan di Dusun Dayu Kelurahan Sinduharjo Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman yang telah diikuti oleh ibu rumahtangga dari wilayah tersebut, masyarakat telah diajarkan bagaimana melakukan kegiatan yang produktif untuk efisiensi anggaran belanja dengan melakukan budidaya sayuran organik agar dapat menghemat pengeluaran rumah tangga. Namun karena minimnya pengetahuan ibu rumah tangga sebagai pengelola keuangan rumah tangga, maka hal tersebut belum berdampak secara signifikan terhadap penghematan belanja sayuran, meskipun sebelumnya masyarakat telah memiliki kemampuan dalam melakukan budidaya sayuran organik. Sehingga pada kegiatan ini memfokuskan pada upaya meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memanajemen pengelolaan keuangan keluarga melalui pelatihan manajemen keuangan keluarga. Pada pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini berhasil memberikan pemahaman kepada kepada masyarakat mengenai pentingnya melaksanakan pengelolaan dan memanajemen keuangan keluarga secara terencana, serta bagaimana mengefisiensikan pengeluaran belanja dengan baik untuk diterapkan dalam rumah tangga.

 

Kata kunci: pengelolaan, perencanaan, keuangan

References


Setyorini Dyah, 2008, Perencanaan Keuangan Rumah Tangga

Direktorat Pengabdian Masyarakat. 2019. Panduan Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Masyarakat Dosen. Universitas Amikom Yogyakarta, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.