PENINGKATAN PENDAPATAN IBU RUMAH TANGGA MELALUI KEGIATAN USAHA MANDIRI

Tanti Prita Hapsari

Abstract


Peran ibu rumah tangga dalam membantu kehidupan ekonomi suatu keluarga menjadi sangat penting disaat kebutuhan keluarga terus meningkat. Ketika kesejahteraan ekonomi menjadi hak setiap individu maka tidak ada lagi hambatan atau batasan bagi ibu rumah tangga untuk mengembangkan dirinya melalui kegiatan wirausaha mandiri yang pada akhirnya akan membantu memberikan kontribusi bagi peningkatan kehidupan ekonomi keluarganya.  Ibu rumah tangga memiliki potensi yang besar dalam mendukung kehidupan ekonomi keluarga,  namun disisi lain masih banyak ibu rumah tangga yang belum memiliki kesadaran dan minat untuk berwirausaha. Pelatihan kewirausahaan merupakan salah satu solusi yang dapat ditawarkan untuk mewujudkan hal tersebut. Pelatihan kewirausahaan yang berjudul Peningkatan pendapatan ibu rumah tangga melalui kegiatan usaha mandiri telah dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 2019. Pada pelatihan tersebut ibu rumah tangga di Desa Karangjati RW 11, Minomartani dibangun motivasi dan minatnya untuk berwirausaha. Selanjutnya mereka juga diajak secara langsung untuk terlibat dalam menentukan jenis usaha rumahan dan praktek membuat produk usaha rumahan yang sudah ditentukan. Berdasarkan hasil evaluasi dapat diketahui bahwa ibu rumah tangga di Desa Karangjati RW 11, Minomartani memiliki minat yang tinggi untuk menjalankan bisnis/ usaha rumahan (bawang goreng).

 

Kata kunci: entrepreneur (wirausaha), entrepreneurship (kewirausahaan)


Full Text:

PDF

References


Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia ( ), “Perempuan dan Industri Rumahan-Pengembangan Industri Rumahan Dalam Sistem Ekonomi Rumah Tangga Untuk Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan dan Anak.”

Ling, Ay, 2013, Pengelolaan Dan Pengembangan Usaha Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Deskriptif Pada Rumah Makan Palem Asri Surabaya), AGORA, Vol.1, No. 1.

Rahmadona, L., Fariyanti, A., dan Burhanuddin, 2015, Analisis Pendapatan Usaha Tani Bawang Merah di Kabupaten Majalengka, AGRISE, Vol.XV, No.2

Zimmerer, T.W. dan Scarborough, N.M, 2008, Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil, Salemba Empat : Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.