PEMANFAATAN MEDIA INTERKREATIF DALAM MENGAJAR ANAK DIDIK TPA

Supriatin Supriatin

Abstract


Menjadi pengajar di Taman Pendidikan Al-Quran memerlukan usaha yang besar dan juga kesabaran yang tinggi. Pendidik TPA yang rata-rata tidak mengenyam ilmu Pendidikan tinggi, sehingga pola asuh dan mendidik anak TPA dilakukan secara turun temurun. Pembelajarannya menjadi monoton dan membosankan, apalagi jika ustadz pengajar tidak memiliki kemampuan lebih dalam mengolah kelas agar lebih menarik dan menyenangkan. Pembelajaran di TPA didominasi oleh anak usia dini dan TK hingga SD. Jumlah dan variasi anak didik menyebabkan pembelajaran harus disesuaikan. Proses pembelajaran yang ada di TPA ada beberapa penilaian yaitu penilaian keterampilan, hikmah, keaktifan. Pembelajaran dengan tanpa alat peraga atau lainnya akan membuat pembelajaran membosankan dan sulit berkembang. Kemampuan TPA yang memiliki pendanaan yang minim dan juga faktor pengajar yang tidak sama menyebabkan penyampaian materi dan bahan ajar hanya disampaikan oleh segelintir pengajar saja. Untuk mencari alternatif solusi pemecahan masalah di atas, maka diadakan pembangunan Media Pembelajaran bagi TPA dan melakukan pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran bagi ustadz dan ustadzah, besar harapan orang tua dapat juga menggunakannya di rumah masing-masing. Dengan tujuan untuk menciptakan media pembelajaran yang lebih efektif, memberikan keahlian dan pengetahuan bagi  ustadz dan orang tua dalam memberikan pelajaran bagi santri. Dengan demikian diharapkan dapat membantu ustadz dan ustadzah dalam mengembangkan media pembelajaran sehingga mutu pembelajaran dapat lebih meningkat.

 

Kata kunci: Media Pembelajaran, TPA, interkreaktif, media


Full Text:

PDF

References


Tirtarahadja, Umar. 2005. Pengantar Pendidikan. Rineka Cipta, Jakarta

Susilana, Rudi. Riyana, Cepi, 2009. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. CV Wacana Prima. Bandung

Sardiman A.M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Trianto M.Pd. 2010. Mendisain model pembelajaran inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Abu Akhmadi & Widodo Suproyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Baharudin, dkk. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Media Group.

Daryanto. 2009. Panduan proses pembelajaran kreatif dan inovatif. Jakarta: AV Publisher.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.