PENINGKATAN KAPASITAS INTELEKTUAL HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM MELALUI GERAKAN LITERASI

Rezki Satris

Abstract


Gerakan literasi merupakan salah satu proses kognitif yang berupaya untuk menemukan berbagai informasi yang terdapat dalam tulisan. Salah satu bentuk dari gerakan literasi adalah gerakan membaca dan menulis. Membaca merupakan keterampilan berbahasa dan faktor yang penting dalam proses pembelajaran karena dengan membaca informasi akan diperoleh. Membaca merupakan salah satu kegiatan dalam literasi. Literasi tentu tidak dapat dipisahkan dengan dunia pendidikan. Hadirnya gerakan literasi ini diharapkan mahasiswa/komunitas dan masyarakat secara luas mampu menggali potensi yang ada dalam diri mereka. Gerakan literasi merupakan aspek penting dalam pengembangan dan peningkatan sumberdaya manusia yang berimplikasi terhadap kemajuan bangsa. Bangsa yang besar adalah bangsa yang rakyatnya memiki kesadaran akan pentingnya literasi. Mahasiswa sebagai agen perubahan diharapkan mampu merubah paradigm masyarakat untuk sadar akan pentingnya literasi. Namun pada kenyataannya, mahasiswa sebagian besar justru larut dalam perubahan global yang meninggalkan nilai-nilai budaya literasi. Kegiatan pengabdian ini dilakukan untuk menggali kembali nilai-nilai budaya literasi di kalangan mahasiswa.  Ada pun proses atau rencana yang akan dilakukan melalui gerakan literasi ini adalah memberikan motivasi kepada mahasiswa dan pemahaman tentang pentingnya literasi. Selain itu, memberikan simulasi proses literasi berupa kepercayaan diri dalam membaca terutama menulis di bidangnya. Sehingga, dengan demikian, mahasiswa akan kembali menemukan dirinya sebagai agen perubahan di tengah arus globalisasi. Peserta sosialisasi maupun pihak panitia telah merasakan manfaat langsung pelaksaanan program pengembangan pengabdian pada masyarakat dari Prodi Ilmu hubungan internasional Universitas AMIKOM Yogyakarta.

Kata kunci: Gerakan Literasi, Himpunan Mahasiswa Islam, Paradigma Literasi


Full Text:

PDF

References


Atmazaki, dkk. 2017. Panduan Gerakan Literasi Nasional. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Diakses di http;//gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/08/panduan-gln.pdf

Gewati, Mikhael.2016.Minat Baca Indonesia Ada di urutan ke-60 Dunia. Diakses di https:/edukasi.kompas.com/read/2016/08/29/07175131/minat.baca.indonesia.ada.di.urutan.ke-60.dunia.

Atmazaki, dkk. 2017. Panduan Gerakan Literasi Nasional. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Diakses di http;//gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/08/panduan-gln.pdf

Fadillah Putra Dkk.2016. Gerakan Sosial. Malang: Everrors Press

Anni Millen. 2004. Pegangan Dasar Pengembangan Kapasitas. Diterjemahkan Secara Bebas. Yogyakarta: Pondok Pustaka Jogja.

Anni Millen. 2004. Pegangan Dasar Pengembangan Kapasitas. Diterjemahkan Secara Bebas. Yogyakarta: Pondok Pustaka Jogja.

Imam Hardjanto. 1984. Pembangunan Kapasistas Lokal. Malang: Program Pasca Sarjana Universitas Brawijaya

Ricard M. 1984. Efektifitas Organisasi. Jakarta: Erlangga

Scholastica Garintya. 2017. Kondisi Dunia Penelitian di Indonesia. Diakses di https://tirto.id/kondisi-dunia-penelitian-di-indonesia-cvvj


Refbacks

  • There are currently no refbacks.