PERENCANAAN PARTISIPATIF DALAM UPAYA PENGURANGAN RESIKO BENCANA GUNUNGAPI MERAPI DI DUSUN DEMEN, DESA PAKEMBINANGUN, KECAMATAN PAKEM, KABUPATEN SLEMAN

Renindya Azizza Kartikakirana, Dwi Pela Agustina

Abstract


Dusun Demen terletak 14 km dari puncak Gunungapi Merapi. Keberadaan Gunungapi Merapi banyak memberikan manfaat seperti bagi kesuburan lahan pertanian dan penyediaan sumber daya alam yang melimpah. Selain manfaat, Gunungapi Merapi juga memberikan ancaman bencana bagi masyarakat yang tinggal di dekatnya.  Hal ini memberikan tantangan dalam melakukan evakuasi ke depannya. Dalam proses evakuasi terdapat jalur evakuasi dan titik kumpul yang dapat digunakan oleh warga.

Masyarakat di Dusun Demen, Desa Pakembinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman  banyak yang belum memahami jalur evakuasi yang tepat untuk dilewati. Selain itu, di Dusun Demen juga belum ada kesepakatan titik kumpul saat terjadi bencana,. Hal tersebut menjadikan jalur evakuasi dan titik kumpul menjadi penting untuk dipahami oleh masyarakat. Dengan adanya pengabdian masyarakat berupa pemetaan partisipatif jalur evakuasi dan titik kumpul diharapkan masyarakat dapat lebih memahami penentuan jalur evakuasi dan titik kumpul yang tepat. Jalur evakuasi dan titik kumpul tersebut juga akan sesuai dengan pertimbangan pendapat warga yang lebih mengenal wilayahnya

Kegiatan pengabdian masyarakat ini terbagi menjadi 4 kegiatan utama, yaitu pertama, sosialisasi penentuan jalur evakuasi dan titik kumpul yang tepat. Kedua, pemetaan partisipasif unsur-unsur kebencanaan. Ketiga, pembuatan peta titik kumpul dan jalur evakuasi. Keempat, penyerahan hasil peta titik kumpul dan jalur evakuasi kepada masyarakat Dusun Demen.

 

Kata kunci: participatory mapping, pemetaan partisipatif, manajemen resiko bencana


Full Text:

PDF

References


Wiwaha,Adam Abraham; Estuning Tyas Wulan Mei; dan Rini Rachmawati, 2016. Perencanaan Partisipatif Jalur Evakuasi dan Titik Kumpul Desa Ngargomulyo dalam Upaya Pengurangan Resiko Bencana Gunungapi Merapi. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota (Journal of Regional and City Planning) vol. 27, no. 1, pp. 34-48, April 2016.

Joewono, Benny N. 2010. Erupsi Merapi 2010 Lebih Besar dari 1872 dalam https://megapolitan.kompas.com/read/2010/11/09/15573541/erupsi.merapi.2010.lebih.besar.dari.1872 diakses Hari Senin, 25 Maret 2019 Pukul 23.00 WIB.

Handayani, Dwi. 2018. Analisis Dinamika Evakuasi Saat Bencana Letusan Gunung Api Studi Kasus: Letusan Gunung Api Merapi Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Warner, Cali. 2015. Participatory Mapping: A Literature Review of Community-Based Research and Participatory Planning dalam http://web.mit.edu/cwarner/www/SocialHubfinal.pdf diakses Hari Senin, 25 Maret 2019 Pukul 23.00 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.