PELATIHAN PUBLIC SPEAKING BAGI PEMUDA SEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN KREATIVITAS DI DESA DRONO, KLATEN

Ni’mah Mahnunah, Nurbayti Nurbayti

Abstract


Di era global saat ini keterampilan berkomunikasi dalam bentuk public speaking atau yang lebih umum disebut dengan keterampilan berbicara di depan umum merupakan salah satu keterampilan yang penting dan harus dimiliki, terutama bagi para pemuda yang masih sekolah maupun yang sudah berkerja. Berbicara di depan umum adalah kemampuan untuk berbicara di hadapan banyak orang, baik di ruang tertutup maupun di ruang terbuka. Para pemuda di lingkungan RW 01 Drono, Klaten memiliki permasalahan berupa ketidakmampuan berkomunikasi yang baik dapat menyebabkan seseorang tidak percaya diri ketika tampil di depan umum. Bagi mereka yang memiliki rasa takut untuk berbicara di depan publik akan muncul rasa panik yang sangat mengganggu pikiran. Permasalahan ketidakmampuan dalam public speaking.

Dalam upaya menumbuhkankembangkan kemampuan public speaking bagi para pemuda di Desa Drono maka diperlukan kegiatan pelatihan public speaking akan dilaksanakan dalam bentuk pemberian materi dan pendampingan praktek langsung / simulasi tentang teknik-teknik public speaking oleh praktisi public speaking. Melalui pelatihan public speaking kepada para anggota Muda-Mudi RW 01 Drono ini diharapkan dapat membantu menumbuh kembangkankan dan meningkatkan kemampuan dan kreativitas dalam berbicara di depan umum yang nantinya dapat berguna bagi para anggota dalam kehidupan sosial bermasyarakat dan lingkungan pekerjaan.

Kata kunci: public speaking, berbicara, pemuda, RW 01 Drono, Klaten


Full Text:

PDF

References


S Adha, Kholifatul. 2014. Panduan Mudah Public Speaking. Yogyakarta : Penerbit Notebook.

Maarif, Zainul. 2015. Retorika Metode Komunikasi Publik, Jakarta: Rajawali Pers.

Pratiwi, dkk. 2016. “Pelatihan Public Speaking Sekaa Teruna Satya Dharma Kerti Banjar Kaja Desa Sesetan”. Laporan Akhir Pengabidan Kepada Masyarakat. Universitas Udayana.

Ruslan, Rosady, 2006. Penelitian Public Relations dan Komunikasi, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sukadi, G. 1993. Public Speaking, Jakarta : PT Grasindo

Suryana. 2016. Ekonomi Kreatif, Ekonomi Baru: mengubah Ide dab Menciptakan Peluang. Bandung: Salemba Empat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.