MEMBANGUN MOTIVASI DAN KREATIVITAS BERWIRAUSAHA SEJAK DINI PADA ANAK-ANAK TPA MASJID BAITUL MAKMUR

Jurni Hayati

Abstract


Tingginya tingkat pengangguran di Indonesia adalah sebuah masalah yang belum bisa terselesaikan, pada Agustus 2018 tingkat pengangguran terbuka di Indonesia mencapai 5,34 persen. Jumlah pengusaha di Indonesia masih sekitar 3,1 persen dari total populasi penduduk atau sekitar 8,06 juta orang. Dari data tersebut menunjukkan bahwa jumlah pengangguran lebih banyak dari pada jumlah pengusaha, hal ini menjadi tantangan untuk bisa meningkatkan jumlah pengusaha sehingga pengangguran dapat berkurang.   TPA Masjid Baitul Makmur adalah salah satu program untuk anak-anak belajar Al Qur’an dari Takmir Masjid Baitul Makmur. Berdasarkan hasil diskusi bersama Takmir Masjid Baitul Makmur ternyata program yang ada di TPA Masjid Baitul Makmur hanya sebatas belajar baca Iqro dan Al Qur’an saja. Oleh karena itu perlu adanya tambahan kegiatan yang lain yang bisa memberikan pengetahuan lebih luas dan lebih bervariasi terutama terkait kewirausahaan. Untuk itu pengabdian ini akan melakukan kegiatan pelatihan motivasi berwirausaha dan pengarahan untuk pengembangan ide kreatif serta melakukan praktik pembuatan produk kreatif sehingga anak-anak TPA Masjid Baitul Makmur berminat berwirausaha, memiliki ide kreatif, dan mempunyai keterampilan untuk menghasilkan produk kreatif.

 

Kata kunci: motivasi, wirausaha, ide kreatif, produk kreatif.


Full Text:

PDF

References


Bowo, Prasetyo Ari, 2013, Kidpreneur an Early Effort of Planting Entrepreneurship in Children to Embrace The Future, Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies Vol 2 No. 1.

BPS, 2019, Indonesia Dalam Angka, Badan Pusat Statistik, Jakarta.

Hartarto, Airlangga, 2018, Jumlah Pengusaha Indonesia Masih Tertinggal Dari Singapura, Wartaekonomi. Diakses 25 Maret 2019 https://www.wartaekonomi.co.id/read204928/jumlah-pengusaha-indonesia-masih-tertinggal-dari-singapura.html

Jones, Ossie & Jayawarna Dilani, 2011, Entrepreneurial Potential: The Role of Human Capital, Isntitute for Small Bussiness and entrepreneuship, United Kingdom.

LPM Universitas Amikom Yogyakarta, 2019, Panduan Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Masyarakat Dosen Universitas Amikom Yogyakarta, Amikom, Yogyakarta.

Musbikin, Imam, 2006, Mendidik Anak Kreatif Ala Einstein, Mitra Pustaka, Yogyakarta.

Soesatyo, Bambang, 2018, Jumlah Wirausaha Indonesia Baru 3%, Kalah Dengan Malaysia hingga Singapura, okezone. Diakses 25 Maret 2019 https://economy.okezone.com/read/2018/03/08/320/1869496/jumlah-wirausaha-indonesia-baru-3-kalah-dengan-malaysia-hingga-singapura


Refbacks

  • There are currently no refbacks.