PENCATATAN KEUANGAN BERBASIS DIGITAL PADA PAGUYUBAN PENGRAJIN SANGKAR BURUNG “KARYA MANDIRI”

Ismadiyanti Purwaning Astuti

Abstract


Dusun Gading Tulung merupakan salah satu dusun di Klaten yang menjadi sentra pengrajin kayu. Letak dusun Gading Tulung di Kecamatan Klaten Utara yang letaknya dekat dengan pusat kota dan tidak jauh dari jalan utama Solo-Jogja menjadi faktor berkembangnya usaha dengan menggunakan bahan baku kayu ini  Salah satu kerajinan kayu yang sedang berkembang di Klaten adalah kerajinan sangkar burung. Kerajinan tersebut banyak terdapat di Dusun Gading Tulung bahkan membentuk paguyuban dengan nama Paguyuban Pengrajin Sangkar Burung “Karya Mandiri”. Anggota paguyuban ini terdapat 15  pengrajin yang semuanya berjenis kelamin pria di Dusun Gading Tulung. Paguyuban ini belum melakukan pencatatan keuangan baik pendapatan maupun pengeluaran sehingga susah diketahui secara pasti keuntungan atau kerugian yang didapat setiap bulan. Dalam kegiatan ini bertujuan menyadarkan anggota tentang pentingnya pencatatan keuangan, memberikan pemahaman dan pelatihan mengenai pencatatan keuangan baik sederhana maupun digital. Hasil kegiatan  laporan keuangan berbasis digital  bahwa 11 anggota Paguyuban “Karya Mandiri” mampu memahami dan melakukan pencatatan laporan keuangan secara sederhana. Anggota paguyuban berjumlah 11 tersebut mampu memahami dan melakukan pencatatan laporan keuangan dengan menggunakan aplikasi handphone mereka masing-masing. Dari kedua kegiatan tersebut diharapkan setiap anggota bisa melakukan pencatatan keuangan baik pemasukan dan pengeluaran usahanya serta  dapat diketahui keuntungannya baik mingguan, bulanan maupun tahunan.  

 

Kata kunci: sangkar burung, laporan keuangan, digital


Full Text:

PDF

References


Kieso, D.E, Wiegandt, J.J, dan Warfield, T.D. 2019. Intermediate Accounting, 17th Edition. Wiley.

Rahardja, Untung; Qurotal Aini dan Marviola. 2018. Penerapan Software Akuntansi Online Sebagai Penunjang Pencatatan Laporan Keuangan. Jurnal Sistem Informasi dan Teknik Informatika Vol. 8, No.2 (304-316).

Sadeli, L. M. (2011). Dasar Dasar Akuntansi (1 (7)). Jakarta: Bumi Aksara.

Singal, Ribka Agustine dan Sherly Pinatik. 2015. Evaluasi Penyusunan Laporan Laba Rugi dan Neraca Berdasarkan SAK ETAP pada PT. Karunia Multiguna Abadi. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol. 3 No. 4 (395-403).

Sukmadilaga, Citra; Sudrajat, Uswatun Khasanah, Tri Utami lestari, Meita Candra Devi dan Ardian. 2018. Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Secara Manual dan Digital untuk Start Up Company. Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat Vol. 7 No. 3

Solikah, Mar’atus; Puji Astuti dan Dyah Ayu Paramitha. 2017. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Persepsi Wirausahawan Terhadap Pentingnya Pembukuan dan Laporan Keuangan. Jurnal Akuntansi & Ekonmi FE. UN PGRI Kediri Vol. 2 No. 2 (12-21)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.