DIVERSIFIKASI PRODUK KERAJINAN PERCA DAN KAIN DALAM MEDIA BONEKA

Sri Mulyatun

Abstract


Setiap usaha menjadikan produk merupakan asset yang paling penting, sehingga menjadi perhatian dari setiap pemilik usaha. Produk kerajinan memiliki pangsa pasar tersendiri dan memiliki tingkat kejenuhan yang juga tinggi. Sanggar Tirtomadu merupakan produksi kerajinan terutama kerajinan kain perca dengan unggulan produk adalah keset kain dan pernak-pernik dapur. Produk yang dihasilkan oleh Sanggar Tirtomadu beragam dan berkualitas, serta telah dipasarkan ke beberapa wilayah. Namun seiring berjalannya waktu produk tersebut mulai mengalami penurunan pembelian. Penurunan ini perlu disikapi dalam pengertian penurunan potensial yang harus dilakukan perubahan strategi produksi, Diversifikasi produk perlu dilakukan untuk menemukan pasar baru. Produk tambahan yang dapat dilakukan adalah produk edukasi dan boneka. Dengan membuat boneka dan alat peraga edukasi berbasis kain dan perca diharapkan mendapatkan pasar baru guna menjaga produktifitas sanggar. 

 

Kata kunci: Diversifikasi, Produk, Kain Perca, Sanggar Tirtomadu


Full Text:

PDF

References


Sari, Ni Made Taman. 1999. Strategi diversifikasi produk dalam usaha meningkatkan penjualan pada perusahaan Kerajinan Kelongsong, peluru "Subrata" di desa kamasan Klungkung. Bali: Fakultas Ekonomi, Universitas Warmadew

Sanjaya, Wina, Prof. Dr. H. M.Pd. 2010 Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Prenada Media

Kotler, 1992. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: PT Midas Surya Grafindo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.