PENGEMBANGAN RENCANA PENATAAN KAWASAN PRIORITAS DESA WISATA REJOSARI DESA JOGOTIRTO KECAMATAN BREBAH KABUPATEN SLEMAN

Ani Hastuti Arthasari, Agustina Rahmawati

Abstract


Pemberdayaan masyarakat di Dusun Rejosari Desa Jogotirto Kecamatan Brebah Kabupaten Sleman dimaksudkan untuk membantu mengembangkan potensi yang dimiliki berupa kegiatan edukatif pengembangan energi alternatif dan pengolahan sampah organik dan anorganik. Pengembangan potensi desa wisata yang sudah diawali dengan perencanaan penataan pada tahun 2017 telah dilanjutkan pada tahun 2018 melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat berupa pemetaan Komponen Rencana Penataan pada Kawasan Prioritas Rejosari serta tahapan awal perwujudan beberapa komponen penataan desa wisata. Kemudian pada tahun 2019 kembali mewujudkan beberapa komponen lainnya. Metoda yang digunakan adalah dengan Forum Group Discussion (FGD) dan workshop. Melalui metode tersebut diharapkan masyarakat dapat berdaya dalam pengimplementasian perencanaan kawasan dan pengembangan desa wisata secara mandiri. Hasil yang didapatkan dalam kegiatan pemberdayaan tahun 2019 berupa hasil perangkat pemasaran wilayah menggunakan media banner dan leaflet, serta perangkat penguatan kelembagaan bagi kelompok peduli. Kesimpulan yang didapatkan adalah bahwa kegiatan review perencanan perlu dilakukan sebelum memasuki tahap implementasi rencana. Disamping itu pertimbangan terkait urgensi dan keberlanjutan membawa kepada perubahan luaran kegiatan berupa alat pemasaran kawasan prioritas berupa banner dan leaflet. Serta penguatan kelembagaan menjadi hal yang penting untuk menjaga keberlanjutan kawasan desa wisata edukatif.

 

Kata Kunci: desa wisata, ekonomi kreatif, penataan desa wisata, kawasan prioritas.


Full Text:

PDF

References


Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, Ludens Tourism Space dan Sustainable Tourism Organization for Regional Management (STARS). 2016. Laporan Kegiatan Klasifikasi Desa Wisata Kabupaten Sleman Tahun 2016. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman.

https://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/travelling/15/05/31/np6wni-sultan-ingin-lava-bantal-jadi-daya-tarik-wisata-baru.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.