KOMUNIKASI KELOMPOK, EDUKASI, DAN KREATIFITAS SISWA DALAM DINAMIKA OUTBOND

Nubayti Nubayti, Gardyas Bidari Adninda

Abstract


Outbond atau dalam bahasa Indonesia disebut Mancakrida merupakan bentuk kegiatan belajar di alam terbuka. Outbond memberikan pembelajaran berupa melatih komunikasi kelompok, kepemimpinan, teamwork yang solit, memecah kebekuan kelompok, mencairkan suasana antar individu di dalam kelompok, menumbuhkan rasa empati, dan memecahakn bersama- sama permasalahan dalam kelompok dengan menggunakan metode pembelajaran yang unik dan sederhana akan tetapi efektif. Peserta Outbond pada kali ini yakni mengambil peserta dari Siswa dan Siswi Sekolah Dasar Perumnas Condongcatur Depok Sleman, alasan memilih siswa sekolah dasar dilatar belakangi oleh, alasan psikologi komunikasi, yakni dimana Usia sekolah dasar yakni usia yang memiliki kekuatan memori yang sangat kuat untuk merekap segala aktifitas yang dilakukannya, dengan memberikan edukasi interaksi dan komunikasi kelompok sejak dini akan menghasilkan anak- anak yang memiliki empati yang tinggi, serta mampu berdinamika  dengan lingkungan pertemananya memlalui game outbond. Outbond siswa sekolah dasar berhasil dilaksanakan di Desa Wonorejo Kecamatang Ngaglik Sleman, adapun edukasi yang diberikan berupa Ice Breaking, Tanam Sayur, pembuatan pupuk kompos, Flying Fox, Highroof, Game kompetisi, dan diakhiri renang bersama.

Kata Kunci : Outbond, Edukasi, Siswa


Full Text:

PDF

References


Ancok Djamaluddin, 2002, “Outbond Manajemen Training”, UII Press, Yogyakarta.

Rudianto, 2010, “24 Jam Merubah Perilaku dengan Outbond Training”,

https://kbbi.web.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.