PELATIHAN MULTIMEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS JURNALISTIK TELEVISI SEBAGAI MEDIA PROMOSI POTENSI DESA” Studi Kasus : Joglo Tani, Dusun Mandungan I, Margoluwih, Seyegan, Sleman

Yogi Piskonata

Abstract


Multimedia memiliki banyak manfaat dalam semua bidang kehidupan manusia. Di bidang informasi,
multimedia dimanfaatkan sebagai iklan yang kreatif untuk menarik konsumen. Dengan multimedia, informasi yang disampaikan menjadi lengkap dan mudah dimengerti. Media massa pada saat ini tidak terlepas dari kegiatan beriklan. Umumya, media massa menjadi media informasi dan menjadi sasaran untuk mempromosikan produknya secara global. Kebanyakan, media massa mempunyai data audiens siapa saja yang mengkonsumsi media mereka, arah pasarnya jelas dan konsumen ataupun pemasar sendiri sudah memikirkan perencanaan dan pembelian media yang cocok untuk produknya. Media elektronik yaitu televisi salah satunya, televisi sebagai media untuk promosi yang paling efektif untuk memberikan informasi. Media televisi mempunyai karakteristik audio visual yang menjadi keunggulan tersendiri. Umumya, media televisi menjadi sasaran utama bagi perusahaan untuk mempromosikan produknya secara global. Dengan televisi, segala informasi dapat disampaikan dan tidak lagi terbatas oleh jarak dan waktu sehingga menjadikan televisi sebagai alat media promosi transformasi informasi secara visual yang paling jitu dan handal, baik informasi yang sifatnya sosial, niaga ataupun hiburan.

Kata Kunci : Multimedia, Jurnalistik Televisi, Promosi Potensi Desa


Full Text:

PDF

References


Tonny Hidayat, 2011 “Alternatif Pengembangan Sistem Informasi KIOS Dinamis, Studi Kasus Di Ari Plus Home Interior And Accessories”, Thesis, Magister Teknik Informatika, Teknologi Multimedia Digital, Pasca Sarjana, STMIK AMIKOM, Yogyakarta

Suyanto, M, 2003 Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing, AndiOffset, Yogyakarta

Triatmojo, Suastiwi, Developing Eco Edutourism at Yogyakarta, dalam Urban Culture Research Vol. 3, 2004 (hal 14-26), UCRC Yogyakarta sub-center.

Anunotai, Narumon, Educating the Tourists,Empowering the Community –the Way (it should be) for Eco- and Cultural Tourism in Thailand, dalam Urban Culture Research Vol. 3, 2004 (hal 27-44), UCRC Yogyakarta sub-center.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.