MEMBANGUN DAN MENGGUNAKAN WEBSITE SEBAGAI MEDIA PENUNJANG PROMOSI UKM DODOL SALAK DI DESA NGLUMUT

Sumarni Adi

Abstract


Desa Nglumut merupakan desa di bawak kaki gunung merapi yang terkenal sebagai daerah penghasil salak. Di sana sudah mulai dirintis usaha mikro olahan salak, salah satunya adalah usaha dodol salak. Ibu Endang suwarni adalah salah satu dari sekian banyak petani salak, yang melakukan usaha olahan salak menjadi dodol dan melakukan produksi di kediaman masing-masing. Makanan olahan ini merupakan olahan yang potensial untuk go-international, jika promosi dan pemasaran dilakukan dengan baik dan benar. Saat ini proses promosi yang dilakukan dengan menyebarkan leaflet di daerah sekitarnya yaitu Sleman dan Magelang. Berdasarkan permasalahan yang muncul, akan diberikan solusi membangun sistem informasi promosi, berupa website dan melakukan pelatihan penggunaan sistem tersebut. Luaran dari kegiatan ini adalah sistem informasi promosi, dalam bentuk website untuk usaha mikro makanan olahan dodol salak, di desa Nglumut kecamatan Srumbung kabupaten Magelang. Luaran lainnya adalah peningkatan pemahaman dalam menggunakan sistem informasi tersebut. Hasil akhir dari kegiatan ini secara umum dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Usaha mikro. Dan secara khusus dapat meningkatkan kesejahteraan dengan penggunaan teknologi informasi.

Kata kunci: dodol salak, website, promosi


Full Text:

PDF

References


A. Jamaludin, “Pengaruh Promosi Online dan perssepsi harga terhadap keputusan pembelian,” Jurnal Administrasi Bisnis ( JAB ) , pp. 1-8, 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.