SOSIALISASI PENATAAN SARANA UTILITAS JARINGAN PERSAMPAHAN KEMASAN, BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA

Prasetyo Febriarto, RR. Sophia Ratna Haryati

Abstract


Ketidakseimbangan pengelolaan sampah yang terjadi di Kawasan Pedukuhan Kemasan disebabkan kurang efektifnya sarana dan prasarana seperti sarana pewadahan (tempat sampah), sarana pengumpulan (angkut sampah) dan alokasi lahan TPS dan TPA, serta keterbatasan/pengelolaan pendanaan. Pengelolaan sampah yang terjadi dengan menerapkan pola individual dengan cara membakar, mengubur dan/atau membuangnya ke saluran air atau sungai. Tujuan utama dari kegiatan pengabdian ini adalah mengenalkan pengelolaan sampah mandiri berbasis masyarakat dengan harapan masyarakat menyadari bahwa permasalahan sampah akan menjadi tanggung jawab semua warga masyarakat. Terdapat 2 metode dalam sosialisasi tersebut, pertama adalah metode tahapan kegiatan sosialisasi, kedua adalah metode pelaksanaan sosialisasi.kedua adalah metode pelaksanaan sosialisasi. Hasil dari sosialisasi dibuktikan dengan penurunan volume sampah yang ditandai dengan lingkungan yang bersih dan bebas sampah. Kesimpulan yang didapat hasil pelaksanaan pengabdian terjadi peningkatkan kesadaran masyarakat setempat tentang pentingnya pengelolaan sampah organik dan anorganik, Anak-anak mulai diperkenalkan bagaimana pengelolaan sampah secara sederhana agar terbentuk kesadaran hidup bersih sejak dini, Warga setempat sudah mulai mengajak anggota keluarga dalam pengelolaan sampah berbasis 3R.

Kata kunci: pengelolaan sampah mandiri, berbasis masyarakat, sampah organik dan anorganik


Full Text:

PDF

References


Artiningsih, N.K.A. 2008. Peran Serta Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga (Studi Kasus di Sampangan dan Jomblang, Kota Semarang). Tesis. Semarang: UNDIP.

Dwiyatmo, K. 2007. Pencemaran Lingkungan dan Penangananya. Yogyakarta: PT. Citra Aji Parama.

Faizah, (2008), Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Berbasis Masyarakat (Studi Kasus di Kota Yogyakarta), Thesis, Semarang: Program Pasca Sarjana Ilmu Lingkungan Universitas Diponegoro.

Istiqomah, K., Rahayu, S., Ekawanti, W. (2011). Analisis Nilai Ekonomi Sampah Pada Tempat Pengelolaan Sampah (Studi Empirik Pada Suku Dinas Kebersihan Kota Administrasi Jakarta Selatan). Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu Universitas Budi Luhur, Jakarta 7 Oktober. McDougall, F., Peter W., Marina F., Peter Hindle. (2001). Integrated Solid Waste Management: a Life Cycle Inventory Second Edition. Oxford: Blackwell Science.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.