PELATIHAN PEMBENTUKAN USAHA BERSAMA (FIRMA) DI KUD TANI MAKMUR BANTUL YOGYAKARTA

Irton Irton

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah Pelatihan Pembentukan Usaha Bersama (Firma). Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat tentang pendirian usaha yang berbadan hukum firma untuk perusahaan usaha kecil dan menengah (UKM). Pelatihan dilakukan di KUD Tani Makmur, Bantul, Yogyakarta yang diikuti oleh karyawan KUD dan masyarakat sekitar. Dalam pelatihan ini, penulis menjelaskan berbagai konsep bisnis (usaha), keutamaan dan kekurangan berbagai bentuk usaha seperti perusahaan perseorangan, perseoran terbatas, koperasi dan firma. Focus utama dari pelatihan ini adalah bagaimana cara mendirikan usaha bersama berdasarkan konsep akuntansi, menghitung metode bagi hasil, pembubaran firma ketika ada anggota baru dan anggota kelua firma dan proses penutupan usaha ketika firma dilikuidasi.  Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah metode ceramah, tanya jawab dan studi kasus. Secara kualitatif pelatihan ini berhasil karena peserta  memperoleh pengetahuan dan wawasan baru tentang dunia usaha dan  akuntansi firma.  Setelah pelatihan dilaksanakan, penulis meminta tanggapan peserta tentang puas dan tidaknya mereka dengan kegiatan ini, dan hampir seluruh cukup puas dan bahkan beberapa dari peserta minta kegiatan pelatihan ditindaklanjuti dalam bentuk yang lebih teknis.

Keyword: firma, akuntansi, bagi hasil


Full Text:

PDF

References


Zimmerer, Thomas W. dkk. 2008. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil edisi kelima. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Ad. Priyo. H (2006). Hubungan Antara Pertumbuhan Ekonomi Daerah, Belanja Pembangunan Daerah dan Pendapatan Asli Daerah (Studi Pada Kabupaten dan Kota se Jawa-Bali). E-JURNAL EKONOMI, 2, 6-12.

Andrew Atherton. Preparing for Business Start-up: “Pre Star” Activities in The New Venture Creation Dynamic. Journal of Small Business and Enterprise Development Vol. 14. No.3, 2007

Cheeseman, Henry. R., © 2007 Prentice Hall, Business Law, sixth edition.

Horgren, Charles T., et al, Accounting, 5th Edition, 2016. Prentice Hall, New Jersey.

Drebin, Allan R, Advanced Accounting, South Western Publishing co, 1982 (Terjemahan Erlangga, 1991).

ittf//www.firma.wikipedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.