PENERAPAN E-COMMERCE BERBASIS WEBSITE UNTUK MEDIA PROMOSI PADA ROCK GUITAR INSTRUMENT

Hendra Kurniawan

Abstract


TI (Teknologi Informasi) saat ini telah banyak dimanfaatkan oleh hampir segala aspek, mulai dari aspek pendidikan, perbankan, pemerintahan, sampai pada pariwisata. e-Commerce adalah perdagangan secara elektronik untuk mendukung aktivitas pembelian, penjualan, dan pemasaran produk dengan memanfaatkan teknologi informasi. Teknologi informasi ini bisa berupa unit komputer, smartphone, atau internet. Bagi UKM dengan modal cukup dapat membangun dan menerapkan website. Salah satu keunggulan website dapat digunakan untuk mendeskripsikan profil UKM dan produk secara detail. Rock Guitar instrument merupakan UKM yang bergerak di bidang handmade guitar builder yang bertempat di desa Pundung, RT. 05/32, Tirtomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Produk yang dihasilkan oleh mitra berupa gitar dengan merk sendiri (ROCK), dan juga melayani custom serta service gitar. Rock Guitar instrument dikelola oleh 2 orang, yaitu Ardi Korek sebagai Luthier dan John sebagai Marketing. Permasalahan yang saat ini dihadapi adalah berkaitan dengan promosi. Hal ini dikarenakan marketing yang harusnya fokus mempromosikan produk, juga ikut melakukan tugas sebagai luthier, sehingga aktivitas promosi produk menjadi kurang diperhatikan. Oleh sebab itu, solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan website sebagai media promosi. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat dosen ini diharapkan mitra mampu menerapkan website sebagai media promosi produk dan dapat mengelola website dengan baik.


Full Text:

PDF

References


Tavakol, Mohamed, 2012, Virtual Applications and Real Problems: Education and Higher Education in Iran, Procedia - Social and Behavioral Sciences: 297 – 303.

Rainer, R. K. dan C. G. Cegielski, 2012, Introduction to Information Systems: Enabling and Transforming Business, (3th ed), Jonh Wiley & Sons Inc.

Ardura, I. R., A. M. Artola, dan J. V. Requena, 2008, Factors Influencing the Evolution of Electronic Commerce:An Empirical Analysis in a Developed Market Economy, Journal of Theoretical and Applied Electronic Commerce Research: 18-29.

Quayle, Micheal, 2002, E-Commerce: the challenges for UK SMEs in the twenty-first century, International Journal of Operations and Production Management: 1148-1161.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.