EDUKASI PENGAJUAN BANTUAN DAN PENGUATAN UMKM BAGI KELOMPOK TANI TERNAK SAPI NGUDI MULYO

Hanantyo Sri Nugroho, Agustina Rahmawati

Abstract


Padukuhan Dusun Sambego Kelurahaan Maguwoharjo merupakan Padukuhan yang yang cukup produktif dalam bidang peternakan dan pertanian. Atas dasar itu, Bapak Jaka Supono sebagai kelompok tani ternak sapi Ngudi Mulyo menyadari bahwa mereka masih memiliki peluang untuk mengembangkannya. Akan tetapi, kelompok ini menyadari akan minimnya pengetahuan dan keterampilan, keterbatasan kemampuan manajemen khususnya untuk mengakses bantuan UMKM dari Pemerintah seperti modal, pemeliharaan dan kesehatan ternak maupun kebutuhan lainnya menjadikan proses pengembangan ternak tidak optimal. Oleh karena itu, kelompok Ngudi Mulyo bersedia menjadi lokasi pengabdian masyarakat. Luaran dari kegiatan ini adalah membantu Masyarakat Dusun Sambego untuk bisa meningkatan taraf kehidupan ekonomi yang lebih baik yaitu dengan memberikan edukasi pengajuan bantuan UMKM kepada masyarakat. Luaran lainnya yakni melalui pendampingan pemasaran secara online dan pengelolaan kelompok yang baik dapat membantu masyarakat untuk meningkatkan pendapatan. Metode yang digunakan adalah metode ceramah dan diskusi. Hasil pengabdian yang diperoleh adalah proposal pengajuan bantuan penguatan modal dan akun media sosial kelompok Ngudi Mulyo. Dari kegiatan pengabdian masyarakat yang kami lakukan, kami berkesimpulan bahwa memang masih diperlukan kemitraan atau pendampingan bagi kelompok usaha masyarakat. Pendampingan itu bisa dilakukan oleh berbagai sektor, khususnya program pengabdian masyarakat.

Full Text:

PDF

References


Ryan. 2016. Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Melalui BUMDes, Permasalahan, Solusi, Wadah dan Implementasi. http://www.kompasiana.com/ryanjulian/pemberdayaan-ekonomi-masyarakat-desa-melalui-bumdes-permasalahan-solusi-wadah-danimplementasi_56d6f1843493737a11a2ff84, diakses tanggal 12 Agustus 2017.

Almasdi Syahza. 2003. Rancangan Model Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pedesaan Berbasus Agribisnis Di Daerah Riau. Jurnal Pembangunan Pedesaan Vol. III No. 2. Purwokerto: Universitas Jenderal Soedirman.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.