PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN ONLINE DAN PENGELOLAAN MANAJEMEN KEUANGAN PADA KELOMPOK JUMPUTAN IBU SEJAHTERA

Fitri Juniwati Ayuningtyas, Anik Sri Widawati

Abstract


Kampung wisata Tahunan Umbulharjo merupakan salah satu sentra batik jumputan di Kota Yogyakarta. Terbentuknya sentra batik jumput di kampung ini bermula dari keinginan sekelompok ibu-ibu yang ingin menambah keterampilan serta gagasan untuk dapat menambah penghasilan. Kelompok tersebut kemudian dinamakan Kelompok Jumputan Ibu Sejahtera. Dipilihnya jumputan karena para ibu yang tergabung dalam Kelompok Jumputan Ibu Sejahtera sejak kecil sudah pernah belajar membatik, namun tidak pernah digunakan secara terus menerus. Beberapa permasalahan yang dialami oleh mitra antara lain promosi yang dilakukan belum optimal karena masih sebatas penjualan langsung di showroom dan pada saat pameran serta pengelolaan manajemen keuangan yang belum dikelola dengan baik dan tepat. Target luaran dari kegiatan program pengabdian masyarakat ini adalah 1). 27 Anggota Kelompok Jumputan Ibu Sejahtera memiliki keterampilan untuk melakukan pemasaran secara online; 2). 27 Anggota Kelompok Jumputan Ibu Sejahtera memiliki keterampilan dalam mengelola manajemen keuangan secara baik. Hasil dari pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema penerapan strategi pemasaran online dan pengelolaan manajemen keuangan telah terlaksana sesuai dengan target yang diinginkan yaitu agar wawasan, pengetahuan, serta pemahaman mitra untuk memajukan usahanya menjadi bertambah dan berkembang menjadi lebih baik. Hal ini berarti bahwa tim program pengabdian masyarakat telah berhasil mendampingi mitra dari bagaimana proses melakukan promosi melalui media sosial instagram dan toko online bukalapak sampai dengan proses menyusun laporan keuangan.


Full Text:

PDF

References


Bukalapak, Panduan Berjualan Online di Bukalapak, dilihat 20 Maret 2018,

.

Lembaga Pengabdian Masyarakat, 2017, Panduan Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Masyarakat Dosen Universitas Amikom Yogyakarta, Universitas Amikom Yogyakarta.

M.T. Handayani, 2013, Melihat Kreasi Batik Jumput Kawasan Kampung Tahunan, dilihat 15 Maret 2018,

.

N. Romdlon, 2015, Di Tangan Ibu-ibu Rumah Tangga, Batik Jumput tetap Lestari, dilihat 20 Maret 2018,

.

U. Santoso dan M. Widyarini, 2013, Pelatihan Pencatatan Keuangan UMKM-Fashion di Kota Cimahi (Kasus UMKM Sweet Batik), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Sebelas Maret Surakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.