PELATIHAN PENDAYAGUNAAN OPEN SOURCE WEBSITE BAGI INFORMASI KEGIATAN REMAJA MASJID AL-IKHLAS CITRA RINGIN MAS

Ferry Wahyu Wibowo

Abstract


Remaja masjid mempunyai peranan strategis dalam pencapaian dan pengembangan umat, bangsa, dan negara. Selain menjadi wadah organisasi, keberadaannya menjadi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan pribadinya. Remaja mempunyai potensi dalam organisasi dan memiliki prospek yang sangat penting di dalam masyarakat. Potensi remaja masjid harus mendapat perhatian dan pembinaan dari semua unsur masyarakat. Kepribadian para remaja masjid di Citra Ringin Mas harus bisa mampu menjadi salah satu potensi pembangunan umat. Kepribadian mereka diharapkan dapat dibentuk menjadi generasi muda yang berguna bagi dirinya dan keluarganya. Proposal ini ditujukan untuk mengadakan pelatihan dan pemanfaatan teknologi informasi website yang open source. Oganisasi remaja masjid ini terletak di Citra Ringin Mas, Dukuh Karangmojo, Kelurahan Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Pemilihan website yang open-source karena mudah dalam mengoperasikannya daripada harus membuat sendiri yang membutuhkan waktu yang lebih lama dan belajar berbagai macam tools dan bahasa pemrograman. Dengan waktu yang terbatas dan untuk tujuan informasi tidak begitu efektif jika terkendala dengan berbagai macam hal terutama waktu, tempat, kemampuan, dan lain sebagainya. Sehingga dengan adanya pelatihan web yang open-source dapat menggunakan waktu yang lebih singkat, mudah pengoperasiannya, dan tidak ribet. Di sisi lain bagi individu yang dilatih dapat mengenal dan mengembangkan lebih jauh pemanfaatan open-source website untuk kepentingan dirinya dan agar dapat dilatihkan kepada kader remaja masjid Al-Ikhlas Citra Ringin Mas dibawahnya atau kepada keluarga dan orang lain yang memerlukan sistem informasi yang cepat dan mudah tanpa harus belajar bahasa pemrograman.


Full Text:

PDF

References


Suyatmi, M. I. Purwanto, Jaeni, F. W. Wibowo, 2017, Motivate Students to Information Technology Entrepreneurship and Business Development.

N. Nuwairah, 2015, Peran Keluarga dan Organisasi Remaja Masjid dalam Dakwah Terhadap Remaja, Jurnal Al-Hiwar, Vol. 03, No. 06, hal 1-12.

A. Basit, 2009, Strategi Pengembangan Masjid Bagi Generasi Muda, Jurnal Dakwah dan Komunikasi (Komunika), Vol. 3, No. 2, hal. 270-286.

Pimay, Awaluddin., 2005, Paradigma Dakwah Humanis, Semarang: RaSAIL.

Sulistiyani, Ambar Teguh., 2004, Kemitraan dan Model-Model Pemberdayaan, Yogyakarta: Gava Media


Refbacks

  • There are currently no refbacks.