PEMBERDAYAAN PEREMPUAN: MANAJEMEN JARINGAN USAHA

Ardiyati Ardiyati, Muhammad Zuhdan

Abstract


Program pengabdian masyarakat mengangkat permasalahan penjualan produk/ pemasaran meskipun memiliki banyak jaringan. Tujuan kegiatan pengabdian adalah memberikan pengetahuan dan ketrampilan manajemen jaringan usaha jamu bagi anggotanya. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan program ceramah, FGD identifikasi permasalahan, pemetaan mitra jaringan dan pendampingan. Hasil identifikasi permasalahan dan pemetaan jaringan menemukan bahwa permasalahan administrasi,pembukuan keuangan,cara pemberian harga,  masalah pemasaran, SHU kurang dan inovasi jamu. Permasalahan tersebut dapat ditindaklanjuti dengan rencana kemitraan dengan Pertamina, Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Kabputaen Bantul, Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY,Universitas Mercubuana, Universitas AMIKOM, Universitas Teknologi Yogyakarta, dan Farmasi UGM.

Full Text:

PDF

References


Sunartiningsih, Agnes. 2004. Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Institusi Lokal. Yogyakarta:Aditya Media dan Jurusan Sosiatri Fisipol UGM.

Sedarmayanti, 2004, Good Governance (Kepemerintahan yang baik) Bagian kedua Membangun system Manajemen Kinerja Guna Meningkatkan Produktivitas Menuju Good Governance (Kepemerintahan yang Baik), Bandung: Penerbit Mandar Maju.

Rumah Jamu Rewulu Hadirkan Jamu Tradisional Berkualitas, http://m.metrotvnews.com/jateng/bisnis/PNgmd00k-rumah-jamu-rewulu-hadirkan-jamu-tradisional-berkualitas diakses 14 Agustus 2017

UMKM Bantul Melihat Usaha Jamu Instan di Rumah Jamu Rewulu, http://m.harianjogja.com/baca/2016/04/10/umkm-bantul-melihat-usaha-jamu-instan-di-rumah-jamu-rewulu-709004diakses 14 Agustus 2017

R.Chambers, 1996, PRA (Participatory Rural Appraisal) Memahami Desa Secara Partisipatif. Yogyakarta: Penerbit Kanisuis.

S. Rochdyanto, 2000, Langkah-langkah Pelaksanaan Metode PRA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.