PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNTUK PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF DESA WISATA BRAJAN DESA SENDANGAGUNG KECAMATAN MINGGIR KABUPATEN SLEMAN

Amir Fatah Sofyan, Nurizka Fidali

Abstract


Sebagai salah satu destinasi kunjungan wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kabupaten Sleman menyimpan berbagai potensi wisata yang menarik. Salah satu yang menjadi tujuan wisata adalah desa wisata Brajan. Desa tersebut memiliki atraksi wisata selain panorama alam dan budaya, juga memiliki keunggulan hasil kerajinan bambu. Sebagai tujuan wisata yang cukup dikenal baik secara nasional maupun mancanegara, Desa Brajan memiliki permasalahan yaitu kurangnya sarana dan prasarana berupa penanda lokasi (Signage) sebagai daerah wisata. Padahal sebagai desa wisata salah satu persyaratannya adalah memiliki dukungan masyarakat terhadap keberadaan desa wisatanya. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkat pemahaman masyarakat dan sensitivitasnya terhadap lingkungan binaan (kawasan wisata). Metode yang digunakan adalah dengan Forum Group Discussion (FGD) dengan pemerintah kabupaten Sleman dan masyarakat Desa Wisata Brajan dan Workshop. Luaran program ini berupa obyek penanda lokasi/ signage dan media luar ruang/ banner.


Full Text:

PDF

References


Fauzy, A., Putra, A. S. (2015). Pemetaan Lokasi Potensi Desa Wisata Di Kabupaten Sleman Tahun 2015. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan.

Hadiwijoyo, S. S. (2012). Perencanaan pariwisata perdesaan berbasis masyarakat: Sebuah pendekatan konsep. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nuryanti, Wiendu. (1993). Concept, Perspective and Challenges, makalah bagian dari Laporan Konferensi Internasional mengenai Pariwisata Budaya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ooi, C. S. (2006). Tourism and the Creative Economic in Singapore. Work paper Woodbury School of Business.

Sleman. (2010). Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Kabupaten Sleman Tahun 2010. http://www.slemankab.go.id/wp-content/uploads/05.-Bab-1-09.pdf

diakses: Maret 2018.

Suryantini, Rini. (2001) Sign and Singnage System, Skripsi Arsitektur FTUI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.